Select Page

FISIP UI beserta Fudan University serta didukung oleh Kementrian Koordinator Kemaritiman Republik Indonesia  menyelenggarakan Youth Innovation Competition on Global Governance (YICGG). YICGG merupakan kompetisi internasional yang menjadi wadah bagi para pemuda dan mahasiswa dari berbagai negara untuk terlibat dan bertukar pikiran mengenai global governance dan pencapaian solusi berbagai permasalahan global. YICGG pertama kali diluncurkan oleh Fudan University tahun 2007 dengan dukungan dan kerja sama United Nation Development Program (UNDP). YICGG diakui sebagai “Young Academic Olympics” untuk keterlibatan generasi muda dalam global governance. Sejak diluncurkan tahun 2007, YICGG telah membahas berbagai masalah global yaitu  environmental protection, human future,education, Green Business Administration (GBA),  global food policy, dll. YICGG yang telah dilaksanakan di berbagai kota di dunia: Shanghai, China (2010, 2013, 2016, 2018), Milan, Italia (2015), dan Astana, Kazakhstan (2017).

YICGG tahun 2019 diselenggarakan pada tanggal 15 Juli hingga 20 Juli 2019 bertempat di Kampus FISIP UI . Tema YICGG 2019 adalah Oceans, Rivers and Lakes: Global Water Preservation, Utilization and Development.

Para peserta YICGG 2019 akan mencoba merumuskan tata kelola global tentang bagaimana kerjasama internasional untuk mengembangkan pengelolaan wilayah perlindungan maritim, bagaimana mengatasi polusi ekologi kelautan yang disebabkan oleh aktivitas manusia, khususnya yang terkait dengan sampah laut dan sampah plastik, dan bagaimana melakukan pencegahan terjadinya polusi terhadap sumber daya air.

Peserta YICGG 2019 adalah 78 mahasiswa yang mewakili 49 universitas dari 39 negara. Para mahasiswa terbagi ke dalam 30 tim yang telah lulus seleksi proposal. Dua tim mahasiswa Universitas Indonesia menjadi peserta babak final ini. Tahap final akan diselenggarakan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Kampus UI Depok tanggal 15-18 Juli 2019

Tahapan YICGG 2019 adalah dengan melakukan kegiatan Ignite Talk dan Kunjungan ke lokasi konservasi wilayah pesisir di Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta Utara; World Café  dan persiapan lomba serta presentasi akhir peserta YIGCC dan  pengumumaan pemenang.