Select Page

Tahukah anda bahwa rata-rata masa tunggu kerja lulusan UI adalah 3 bulan? Sekitar 86% lulusan UI bekerja sesuai dengan disiplin keilmuannya, dan ada sekitar 24% lulusan UI yang dipercaya mengerjakan pekerjaan untuk tingkat pendidikan yang lebih tinggi.  Kebanyakan (75%) lulusan UI mencari kerja lewat internet.  Tiga aspek yang paling penting bagi lulusan UI dalam menembus dunia kerja adalah: kepribadian dan keterampilan antar-pribadi, Bahasa Inggris, serta reputasi perguruan tinggi. Nah, semua informasi tadi diperoleh dari hasil Tracer Study UI (TSUI) 2016.

Universitas Indonesia telah menyelenggarakan studi pelacakan lulusan sejak tahun 2010 dengan metode sensal, online, reguler dan  terpadu di tingkat universitas. Target populasi TSUI adalah mereka yang lulus dua tahun lalu. Hal ini dimaksudkan agar responden telah mengalami peristiwa dan proses transisi ke dunia kerja atau dunia pendidikan lanjutan. TSUI telah menjadi rujukan nasional dan internasional dalam hal manajemen dan metodologi. TSUI juga telah memberikan kontribusi bagi UI dan Indonesia dalam pemeringkatan perguruan tinggi secara global.

TSUI menyediakan data dan informasi mengenai outcome pembelajaran termasuk potret situasi transisi dari pendidikan tinggi ke dunia pasca-pendidikan tinggi terutama dunia kerja dan dunia pendidikan lanjutan.  Masa tunggu kerja, sebaran tempat bekerja, dan keselarasan baik vertikal (keseuaian antara posisi pekerjaan dengan level pendidikan) dan horizontal (antara disiplin keilmuan dengan jenis pekerjaan), juga informasi mengenai perolehan dan penggunaan kompetensi merupakan informasi kunci bagi penyusunan kebijakan mengenai pembinaan karir serta perbaikan input dan proses pembelajaran.

Di samping itu, data dan informasi yang diperoleh dari TSUI juga bermanfaat bagi para mahasiswa dalam merencanakan masa depannya. Mengingat makin kompetitifnya dunia kerja dan studi lanjut, informasi mengenai transisi dari TSUI akan sangat membantu mahasiswa dan calon alumni untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi. Posisi UI sebagai universitas terbaik di Indonesia tak lepas dari sukses karir alumninya.

Oleh karena itu, tingkat partisipasi yang tinggi dari alumni sangat diharapkan. Selama ini TSUI memiliki response rate yang cukup baik, yaitu sekitar 50%. Hal ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan. TSUI 2017 telah dimulai dan seluruh alumni lulusan tahun 2015 (2 tahun setelah lulus) diharapkan dapat membantu mengisi kuesioner TSUI 2017 secara online. Untuk itu diperlukan nomor PIN (password) untuk dapat masuk ke laman kuesioner TSUI online. Nomor PIN (password) dikirimkan oleh UI (melalui email dari Subdit Pendataan Alumni dan Tracer Study, DIrektorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni) ke alamat email seluruh alumni UI 2015 dari berbagai program studi dan fakultas, termasuk lulusan Vokasi, S1, S2, dan S3. Jika ada alumni lulusan tahun 2015 yang belum menerima email dan belum memiliki PIN (password) dipersilakan untuk menghubungi Sdr. Rahmatullah di 0838 9657 5365 atau email: tracerstudy@ui.ac.id.

 

Akses kuesioner:

Lulusan Vokasi: http://tracerstudy.ui.ac.id/qtafi/projects/tracer2017vokasi

Lulusan S1: http://tracerstudy.ui.ac.id/qtafi/projects/tracer2017s1

Lulusan S2: http://tracerstudy.ui.ac.id/qtafi/projects/tracer2017s2