Jumat (12/8/2016) perwakilan Alumni FISIP UI Angkatan 76 menyerahkan dua buah Buku Kenangan “76 Selamanya” kepada Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc. (Dekan FISIP UI) dan Drs. Awang Ruswandi, M.Si. (Kepala UPMA & KDA FISIP UI). Buku kenangan yang ditulis oleh Binky Suparto, Diana Fawzia, Ida Syahranie, Mohammad Imam Bahtera, Linda Ingrid Tobing, dan Rostina Prawirakusumah ini berisikan banyak foto nostalgia kegiatan-kegiatan mahasiswa FISIP UI tempo dulu.

Pembuatan buku kenangan ini didasari perayaan 40 tahun Persahabatan Alumni FISIP UI Angkatan 76. Sebuah pertemanan yang terjalin dan terpupuk baik hingga kini tumbuh menjadi Persahabatan Alumni FISIP UI Angkatan 76 yang kuat menjaga silaturahimnya.

Pembuatan buku kenangan ini melalui proses panjang dan tidak mudah. Mulai dari penyiapan konsep, materi, hingga ke masalah teknis, desain, dan pencetakan. Setiap tahapan punya kendala sendiri. Materi kenangan reuni terserak dalam ingatan banyak individu FISIP UI Angkatan 76. Serpihan memori ini kemudian dikumpulkan dan dirangkum dalam sebuah buku.

Pengumpulan naskah dari setiap individu dilakukan melalui pendekatan personal. Beruntung masih banyak individu FISIP UI Angkatan 76 yang bersedia berbagi memori. Setiap penulis memiliki gaya tersendiri dalam mengalirkan ingatannya ke bentuk rangkaian kata-kata. Naskah masuk secara berangsur hingga terkumpul dan siap diedit. Pada proses editing, butuh waktu dan ketelitian. Perlu ada konfirmasi atau klarifikasi atas data-data yang terkumpul, misalnya tanggal, tahun, lokasi, nama kegiatan, nama orang, dan sebagainya. Rangkaian proses panjang ini akhirnya melahirkan Buku Kenangan “76 Selamanya” yang memiliki makna tersendiri bagi para aktor di dalamnya. Dengan adanya buku ini diharapkan dapat menjadi media perekam kenangan masa lalu saat berkuliah di FISIP UI.