Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Creative Communications : The Path to Global Understanding” pada hari Senin, 15 September 2014 bertempat di Auditorium Gedung Komunikasi. Kuliah umum ini turut mengundang Profesor Mathew Allen yang merupakan Head of School of Communication and Creative Arts Faculty of Arts of Education, Deakin University, Australia, sebagai pembicara di dalam acara tersebut. Kuliah umum ini membahas mengenai bagaimana komunikasi dilihat sebagai sebuah seni dalam menyampaikan informasi, atau secara sederhana, komunikasi dapat membuat suatu informasi dapat diperoleh oleh kalangan banyak diwaktu yang sama.

Profesor Allen mengatakan “Pada masa kini terdapat segmentasi di dalam tekhnologi dan pekerjaan. Di mana setiap segmen ini memiliki pasar masing-masing.” Yang mana pada saat ini informasi tersebut akan tersampaikan dengan menggunakan media massa. Berbicara mengenai media massa, Profesor Allen menyampaikan perkembangan dari media massa yang terus mengalami inovasi. Tentu saja inovasi ini terkait dengan kreativitas manusia yang menginginkan suatu informasi dapat dikonsumsi dengan cara yang berbeda. Sebuah pernyataan menarik disampaikan oleh Profesor Allen sebagai berikut, “The development of communication is interesting. You can see the evolution from print into screen.” Hal ini menegaskan adanya perkembangan era dari media cetak menjadi era digital, dimana informasi yang diterima bukan hanya yang tercetak di kertas, namun perubahan signifikan menjadi informasi yang diterima melalui gelombang suara dan visual dari layar kaca.

Di sisi lain, Profesor Allen turut mengemukakan sebuah gagasan mengenai salah satu puncak perkembangan tekhnologi era ini, yaitu internet. Beliau mengatakan bahwa “You are not using the internet, but internet using you to input the data.” Terakhir di penghujung kuliah umum tersebut, beliau menutup dengan kesimpulan bahwa komunikasi menjadi bagian yang begitu penting bagi manusia yang mencangkup segala bidang.