Select Page

Demi meningkatkan kualitas pendidikan, FISIP UI jalani kerjasama lanjutan dengan Columbia University. Kerjasama ini dilakukan dalam lawatan Dekan FISIP UI Drs. Arie Setiabudi Soesilo ke kampus Columbia University pada 21–24 Juni 2016. Tak sendirian, ia ditemani delegasi Indonesia lainnya yaitu Santi Kusumaningrum dan Putri Amanda Kusuma (Puskapa FISIP UI), Vivi Yulaswati (Direktur Penanggulangan Kemiskinan dan Kesejahteraan Sosial Bappenas), Dinar Kharisma (Direktorat Perencanaan Penduduk dan Perlindungan Sosial Bappenas), Jane Thomason (Chief of Party DFAT’s KOMPAK) dan Irma Hidayana (pengajar di College Columbia University)

Kerjasama antara FISIP UI dengan Columbia University sebenarnya sudah terjalin sejak lama. Dimulai pada tahun 2009, Columbia University melalui Mailman School of Public Health membantu FISIP UI untuk mendirikan Puskapa, sebuah pusat penelitian yang didedikasikan untuk advokasi kesejahteraan anak dan keluarga. Saat ini, Puskapa telah tumbuh menjadi lembaga yang kompeten. Dengan pengalaman sebagai kolaborator dengan Kementerian Bappenas, Puskapa FISIP UI telah melakukan serangkaian aksi strategis dalam mengembangkan program kesejahteraan keluarga dan anak. Selain itu, Puskapa FISIP UI telah berkomitmen dalam mempublikasikan hasil kerja mereka dalam jurnal ilmiah berstandar internasional.

Kunjungan Dekan FISIP UI kali ini memiliki beberapa agenda penting. Agenda pertama adalah dalam rangka berpartisipasi sebagai bagian dari delegasi dalam CPC Network Biennial Meeting yang diadakan Columbia University pada 21–22 Juni 2016. CPC atau Child Protection and Care Learning Network sendiri adalah lembaga yang mempromosikan penelitian yang inovatif, memelihara komunitas belajar, dan membangun generasi peneliti berikutnya dan menjadi lembaga pendukung hak bagi anak-anak dan keluarga. Lembaga yang didirikan pada 2008 ini turut membidani lahirnya Puskapa FISIP UI pada tahun 2009.

Agenda lain adalah untuk menjalin bekerjasama untuk menyajikan perkembangan terbaru dari hasil kerja Puskapa serta mendiskusikannya dengan peneliti di Columbia University. Dengan dukungan kuat dari Dekan FISIP UI, Columbia University memang telah setuju untuk berkolaborasi meningkatkan bidang akademis dengan FISIP UI. Saat ini pun sedang ada usaha untuk membuat kerjasama pengadaan beasiswa LPDP yang akan membantu mahasiswa Indonesia mendapatkan gelar Master dan Doktoral baik di Columbia University maupun universitas lain di Amerika Serikat.

Agenda yang tak kalah penting adalah adanya usaha untuk memperbarui Nota Kesepahaman antara FISIP UI dengan Mailman’s School of Public Health Columbia University. Pembaruan di bidang akademis ini ditandangani oleh Dekan FISIP UI dan Dekan MSPH Columbia University. Dalam nota tersebut, terdapat tiga poin utama dalam kerjasama anatara kedua pihak. Pertama, akan diadakan kerjasama dalam melakukan pertukaran pelajar antara kedua belah pihak. Selain itu, riset kolaboratif dan publikasi serta peningkatan kualitas pendidikan akan dilakukan dalam hal kunjungan penelitian, sekolah musim panas, maupun short courses dan workshops. Terakhir, kerjasama yang dilakukan akan mencakup advokasi gabungan dan evaluasi program dalam bidang yang relevan dalam prioritas penelitian.

Untuk menindaklanjuti kerjasama ini, telah dibuat Action Plan untuk satu tahun ke depan. Rencananya, setelah melalui serangkaian persiapan dan finalisasi konsep, program kerjasama akan resmi diluncurkan pada 2 Mei 2017 mendatang, bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional Indonesia.