Select Page

Tidak hanya sosok Raditya Dika yang membuat mahasiswa baru FISIP UI terhibur saat Penerimaan Sistem Akademik Fakultas  2019 (20/08). Tetapi ada satu sosok lagi yang membuat para mahasiswa baru tersebut dapat terlecut motivasinya untuk mengikuti langkah-langkah menjadi sosok young entrepreneur. Dia-lah Iman Usman pendiri Ruangguru.com yang sekaligus juga merupakan alumni FISIP UI.

Di usia 22 tahun, Iman mendirikan Ruang Guru bersama sahabatnya Adamas Belva Syah Devara. Sekarang Ruangguru sudah memberi layanan akses pengajaran online secara privat pada lebih dari 1 juta siswa di seluruh Indonesia.

Bagi Iman, Ruang Guru adalah comfort zone yang sangat ia nikmati sekarang ini. Di sisi lain, dia juga tidak tahu apakah start up nya akan tetap berkembang atau tidak. Karena itu, Iman mengaku siap kalaupun ia menemui kegagalan. Setidaknya dia sudah mencoba yang terbaik dan menjalani hal yang menjadi passion hidupnya.

Ruangguru.com merupakan sebuah platform bimbingan belajar privat yang berkembang pesat di ranah teknologi pendidikan. Ruangguru.com memberikan solusi terhadap kebutuhan akan guru privat online. Iman Usman membangun marketplace bagi guru privat ini ketika ia menemukan hanya sedikit tempat bimbingan belajar yang terdaftar di Indonesia.

Kesuksesan yang dijalani Iman saat ini berkat kesukaannya pada sosok Harry Potter. Tokoh fiksi dalam novel karangan J.K.Rowling ini yang menarik minat Iman buat belajar bahasa Inggris.  Awalnya karena Iman selalu mau jadi yang paling tahu cerita penyihir itu, tapi dia  tidak ingin  menunggu lama novel terjemahannya. Akhirnya, Iman membaca novel Harry Potter versi bahasa Inggris dan memakai kamus elektronik buat tahu arti katanya satu per satu.

Iman juga belajar bisnis berkat Harry Potter. Waktu itu Iman menjual merchandise Harry Potter ke teman-temannya. Iman mengaku belajar organisasi juga berkat Harry Potter. Iman  pernah mengikuti meet and greet para fans Harry Potter. Dan di situ, Iman berkesempatan buat mengobrol langsung dengan Daniel Radclife  pemeran Harry Potter.

Kepeduliannya terhadap dunia pendidikan membuat Iman Usman ingin meningkatkan taraf pendidikan diIndonesia. Iman Usman berkeyakinan  bahwa pendidikan merupakan kendaraan mencapai impian sekaligus keterbebanannya terhadap kondisi pendidikan di Indonesia membuatnya mendirikan sebuah Edtech, Ruangguru.com.

Ketika siswa tidak mendapatkan pendidikan yang dirasa berkualitas di sekolah umum, mereka akan mencari sumber pendidikan lain di luar sekolah. Selain itu, ujian yang seringkali membuat para siswa tertekan malah membuat mereka menginginkan waktu untuk belajar tambahan melalui les privat.

Menurut ImanUsman, cari perhatian boleh tetapi harus lewat prestasi. Berprestasi jangan setengah-setengah harus yang mempunyai efek “wow”, dan untuk mencapai itu tentu tidak dengan mudah. Ada usaha, kerja keras dan doa.