Select Page

Identitas Kelembagaan

Universitas Indonesia &
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Prolog

Simbol Universitas Indonesia (UI) sudah digunakan sejak tahun 1952. Simbol tersebut pertama kali digunakan dalam dokumen Fakultas Teknik UI di Bandung. Dalam perjalanannya, logo UI mengalami perubahan-perubahan yang tanpa disadari oleh penggunanya. Perubahan logo UI secara resmi adalah pada saat penambahan bentuk segi lima yang melingkungi simbol makara pada tahun 1959 dan pencabutan bentuk segi lima pada tahun 2000 karena UI resmi berdiri sebagai BHMN.

Berdasarkan penelusuran Humas UI*, perubahan ini terjadi karena tidak adanya standar baku makara sejak pertama kali digunakan. Perubahan ini juga terjadi dengan sendirinya karena keterbatasan teknologi penggandaan dokumen pada masa itu. Penggandaan logo UI pada era tersebut dilakukan secara manual dengan gambar tangan sehingga bentuk makara mengalami distorsi. Distorsi tersebut sudah berlangsung sejak tahun 1952-an hingga saat ini. Untuk menghilangkan distorsi penggunaan logo tersebut, penggunaan logo UI harus mengacu pada panduan penggunaan logo UI.

Contoh Makara UI

Filosofi

Berikut ini adalah penjelasan terkait makna simbol UI menurut Sumaxtono yang disampaikan oleh Prof. Srihadi (tahun 1952) dalam wawancara untuk penyusunan buku 50 Tahun Emas Universitas Indonesia.

  • Prof. Srihadi menyampaikan bahwa lambang makara UI tidak ada kaitannya dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia meskipun lambang tersebut digambarkan dengan 17 kuncup dan 8 cabang.
  • Pohon beserta cabang dan kuncup makara UI merepresentasikan pohon ilmu pengetahuan dengan cabang-cabang ilmu pengetahuannya. Kuncup-kuncup tersebut suatu saat akan mekar menjadi cabang ilmu pengetahuan baru dan akan senantiasa mekar selama pohon ilmu pengetahuan itu hidup.
  • Kala-Makara melambangkan sumber ilmu pengetahuan. Dalam hal ini, sumber ilmu pengetahuan tersebut digambarkan sebagai mata air yang keluar dari pancuran berbentuk makara dan memancarkan air ke seluruh penjuru.

Komponen Logo Universitas Indonesia

Logo UI terdiri atas tiga komponen yang kemudian dibagi menjadi dua tipe signature.

  • Complete Set Signature

Terdiri atas semua komponen, yaitu simbol (makara), logotype, dan tagline.

Signature ini digunakan untuk semua jenis keperluan formal maupun publikasi, dengan penyesuaian dalam pemakaiannya.

  • Simple Set Signature

Hanya terdiri atas dua komponen, yaitu simbol dan logotype.

Simple set signature ini digunakan untuk aplikasi khusus, di antaranya adalah undangan, ijazah, karya ilmiah, dan backdrop resmi yang dikeluarkan oleh universitas.

Ketentuan pemakaiannya diatur pada segmen berikutnya.

Warna Simbol UI

Warna simbol UI didefinisikan secara
teknis sebagai berikut.

CMYK
C=0
M=15
Y=100
K=0

RGB
R=246
G=219
B=0

Web/HEX
#f6dB00

PMS (Pantone Color Matching System)
Pantone 109 C

Tipografi Simbol UI

  • Logotype Universitas Indonesia, dicetak dengan jenis huruf Trajan Pro
  • Tagline logo UI (Veritas, Probitas, Iustitia), dicetak dengan jenis huruf Pristina.

Contoh Logo Universitas Indonesia

Signature UI merepresentasikan seluruh universitas dan dapat dianalogikan sebagai tanda tangan seseorang yang memiliki keunikan tersendiri. Dengan signature ini, UI menandatangani semua bentuk komunikasi dan layanan sehingga penggunaannya pun perlu diperhatikan secara saksama.

Signature UI, baik berorientasi vertikal maupun horizontal, harus memiliki area kosong pada setiap sisinya. Hal ini dimaksudkan agar signature UI dapat tetap terlihat di antara gambar atau tulisan dalam sebuah dokumen atau bentuk publikasi lainnya.

  • Variasi

Pemilihan versi logo disesuaikan dengan area yang tersedia dan warna dasar tempat logo UI dicantumkan. Alternatif versi logo disediakan untuk memaksimalkan exposure dan keterbacaaan serta estetika (kesesuaian dengan desain publikasi). Signature ini hanya dapat digunakan oleh pihak universitas.

Contoh Logo FISIP UI

  • Variasi

Pemilihan versi logo disesuaikan dengan area yang tersedia dan warna dasar tempat logo FISIP UI dicantumkan. Alternatif versi logo disediakan untuk memaksimalkan exposure dan keterbacaaan serta estetika (kesesuaian dengan desain publikasi). Signature ini dapat digunakan oleh pihak fakultas, departemen, serta lembaga yang bernaung di bawah fakultas dan diakui secara legal-formal.

Penyematan logo FISIP (maupun UI) untuk kegiatan di lingkungan fakultas dapat dilakukan apabila pihak penyelenggara telah berkonsultasi dengan HUMAS FISIP UI terlebih dahulu.

Sudah Memahami Standar dan Aturan Penyematan Logo FISIP atau UI Untuk Publikasi Kamu?

PERHATIAN !

Dengan menekan tombol di bawah ini, Anda menyatakan telah memahami dan mengikuti segala ketentuan dan peraturan yang berlaku terkait penggunaan maupun penyematan logo Universitas Indonesia (dan turunannya).

Masih Bingung? Mari Hubungi Kami!

Ingin menggunakan logo UI maupun FISIP dalam kegiatanmu?

Tapi masih bingung dalam pengaturan tata letak dan logo yang seperti apa yang cocok untuk publikasimu?

Hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut. Datang langsung ke Kantor Unit Hubungan Masyarakat FISIP UI dapat menjadi pilihan terbaik bagimu untuk berdiskusi dan mendapatkan pengetahuan baru.

Hubungi HUMAS FISIP UI