Panduan Penggunaan Logo Universitas Indonesia

Pedoman Pengunaan

Logo Universitas Indonesia

 

Simbol Universitas Indonesia (UI) sudah digunakan sejak tahun 1952. Simbol tersebut pertama kali digunakan dalam dokumen Fakultas Teknik UI di Bandung. Dalam perjalanannya, logo UI mengalami perubahan-perubahan yang tanpa disadari oleh penggunanya. Perubahan logo UI secara resmi adalah pada saat penambahan bentuk segi lima yang melingkungi simbol makara pada tahun 1959 dan pencabutan bentuk segi lima pada tahun 2000 karena UI resmi berdiri sebagai BHMN.

Berdasarkan penelusuran Humas UI*, perubahan ini terjadi karena tidak adanya standar baku makara sejak pertama kali digunakan. Perubahan ini juga terjadi dengan sendirinya karena keterbatasan teknologi penggandaan dokumen pada masa itu. Penggandaan logo UI pada era tersebut dilakukan secara manual dengan gambar tangan sehingga bentuk makara mengalami distorsi. Distorsi tersebut sudah berlangsung sejak tahun 1952-an hingga saat ini. Untuk menghilangkan distorsi penggunaan logo tersebut, penggunaan logo UI harus mengacu pada panduan penggunaan logo UI.

Berdasarkan wawancara Tim Humas UI dengan Prof. Srihadi di Bandung pada tanggal 5 Mei 2008, kami menyimpulkan untuk mengembalikan bentuk makara UI seperti bentuk awalnya pada tahun 1952. Makara UI memiliki karakter dasar yang menjadi petunjuk bagi kami dalam mengembalikan makara UI ke bentuk orisinal sesuai dengan pemaknaan penciptanya. Karakter dasar itu adalah simetris dan berbentuk lingkaran. Selanjutnya, simbol UI kami gambarkan dalam bentuk grid dan alat bantu bentuk geometris lainnya sebagai dasar pembentukan ulang simbol UI.

Pedoman Penggunaan

Panduan Penggunaan Logo UI

PDF

Ketentuan ;

  • Aturan penggunaan dapat berubah sewaktu-waktu dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu
  • Mohon membaca pedoman penggunaan logo tersebut dengan seksama
  • Segala bentuk penyalahgunaan berkas ini akan ditindak tegas

Unduh Berkas

Ingin Berkonsultasi Kepada Kami?

Sampaikan Kepada Kami

Kantor Humas FISIP UI

Gedung A Lantai 1
Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Indonesia
Depok, Jawa Barat, Indonesia 16424

Phone: (021) 7270006/ 7872823
Fax: (021) 7872820
E-mail : fisip@ui.ac.id

Ingin Berkonsultasi Kepada Kami?