Select Page

Unit Kajian Antropologi, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sosial dan Politik (LPPSP), FISIP UI  menggelar Pelatihan Analisis Etnografi Jaringan Sosial. Pelatihan ini diadakan bekerja sama dengan Pusat Analisis Jaringan Sosial (PAJS). Jika dirunut sejak pertama kali diadakan sejak tahun 2018, pelatihan kali ini adalah yang ketujuh kalinya. Kali ini pelatihan diadakan pada tanggal 26-27 Agustus 2019 di kampus FISIP UI Depok. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 19 orang dari berbagai institusi dan latar belakang, diantaranya adalah berasal dari latar belakang ilmu ekonomi, ilmu administrasi, Sosiologi, Psikologi, dan lain sebagainya. Para peserta ini berasal dari berbagai universitas, lembaga pemerintah, lembaga swasta, lembaga swadaya masyarakat, dan pribadi.

Sebagai pemateri utama dari pelatihan ini adalah Drs. Ruddy Agusyanto, M.Si (Departemen Antropologi FISIP UI) dan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian serta Rendy Ananta, S. Sos., M. H sebagai pendamping fasilitator. Pelatihan ini berupaya memberikan pemahaman tentang konsep dam pendekatan etnografi jaringan sosial sebagai pendekatan alternatif dalam meneliti masyarakat yang lebih dinamis dan kental akan gejala perubahan. Dengan kata lain, pelatihan ini menekankan bahwa jaringan sosial adalah paradigma dengan konsep kunci relasi sosial, sehingga, relasi sosial adalah unsur penting yang harus digali oleh peneliti ketika melakukan penelitian etnografi. Beberapa poin penting yang disampaikan dalam penelitian ini adalah bahwa relasi sosial antaraktor harus memiliki konten dan aliran dari konten tersebut harus jelas mengarah dari siapa kepada siapa. Selain itu, konten yang dimaksud harus stabil.

Materi-materi yang diberikan selama dua hari pelatihan adalah: Perubahan Sosial Budaya, Isu dan Konteks Lokal-Global, Dasar-dasar Berpikir Jaringan, Penerapan Analisis Etnografi Jaringan Sosial: Implikasi Paradigmatik, Komputasi dan Analisis, Research Design, dan Etnografi Analisis Jaringan Sosial. Jadi, aliran materi pelatihan selama dua hari ini disusun dari tingkat abstrak (teori) hingga tingkat paling praktik, yaitu metode dan analisis. Pelatihan juga memberikan pengenalan kepada salah stau sofware UCINet, salah satu software yang dapat digunakan untuk penelitian jaringan sosial. Selain itu, peserta juga diberikan kesempatan untuk membagikan hasil-hasil penelitian maupun proposal yang dimilikinya di dalam pelatihan. Pelatihan ini termasuk salah atu program rutin yang dimiliki oleh Unit Kajian Antropologi LPPSP FISIP UI sehingga kedepannya pelatihan akan kembali diadakan dengan pengayaan materi berdasar evaluasi-evaluasi yang sudah dilakukan (wap/arf).