Select Page

Rabu (19/12), Niken Febrina Ernungtyas menjalani sidang terbuka promosi doktor di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI. Dalam sidang kali ini, Niken menyampaikan desertasi yang berjudul Penerimaan Teknologi Komunikasi Berbasis Aplikasi Mobile.
Sidang terbuka promosi doktor tersebut diketuai oleh Julian Aldrin Pasha, M.A., Ph.D dengan promotor Prof. Dr. Billy K. Sarwono, M.A., ko-promotor Dr. Pinckey Triputra, M.Sc. serta tim penguji Prof. Alois Agus Nugroho, Ph.D, Prof. M. Alwi Dahlan,Ph.D, Dr. Ninok Leksono, M.A., Dr. Hendriyani,M.Si., Dr. Irwansyah, M.A., dan Dr. Eriyanto, M.Si.

Aplikasi komunikasi mobile telah diterima dan digunakan secara luas seiring dengan tingginya adopsi smartphone. Pada desertasinya, Niken menjelaskan penerimaan teknologi komunikasi berbasis aplikasi berdasarkan perspektif bukan pengguna.
Menurutnya, konteks budaya telah menjadi perhatian dalam kajian teknologi informasi dan komunikasi untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi penilaian kredibilitas dan kepercayaan user terhadap desain dan konten informasi situs online seperti Tiongkok, Jepang dan Jerman.

Temuan yang menarik dari desertasi ini adalah pandangan ekonomi dan teknologi dalam konsep “berbagi” (sharing). Penerimaan terhadap adanya”berbagi” pada penggunaan teknologi yang tersedia diaykini sebagai bentuk kemudahan dan disadari sebagai bentuk kerjasama yang longgar dan saling menguntungkan. Sedangkan dari sisi teknologi, selama dipahami, dikuasai, dan dimaknai lebih dalam makna teknologi tersebut dapat menjadi sesuatu yang berguna secara maksimal. Pencipta teknologi komunikasi tidak semata-mata memperkaya fitur dari teknologi, tetapi sesuatu yang diproduksi dan diciptakan pada level pakar ternyata dapat diaplikasi sesuai dengan yang diinginkan. Sehingga pengguna dapat merasakan dan menikmati keleluasaan yang menyenangkan.

Dengan adanya desrtasi ini diharapkan dapat memproyeksikan motif, sikap dan niat menggunakan mobile apps secara lebih rinci dan jelas. Proyeksi tersebut menunjukan faktor-faktor pemilihan media baru bagi user. Pertumbuhan jumlah mobile apps yang pesat selanjutnya akan menjadi permasalahan kompetitif yaitu pengembang yang sulit mendapatkan user dan user susah mencari apps yang tepat diantara jutaan apps yang tersedia. Sehingga memahami perilaku user untuk mengadopsi dan menggunakan mobile apps secara berkelanjutan memiliki implikasi dalam teknologi komunikasi mobile.

Atas desertasinya, Niken dinyatakan lulus dengan yudisium sangat memuaskan.