Select Page

Menko Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan menjadi pembicara kunci dalam gelaran Youth Innovation Competition on Global Governance (YICGG) di FISIP UI (15/07). YICGG merupakan kompetisi internasional yang menjadi wadah bagi para pemuda dan mahasiswa dari berbagai negara untuk terlibat dan bertukar pikiran mengenai global governance dan pencapaian solusi berbagai permasalahan global.

Dalam paparannya, Menko Luhut menyampaikan bahwa Indonesia memiliki fundamental ekonomi yang sangat baik, seperti pertumbuhan ekonomi yang kuat, inflasi rendah, penurunan tingkat kemiskinan, dan rasio gini. Hal ini didukung oleh manajemen kebijakan fiskal yang bijaksana. Prospek ekonomi kelautan Indonesia juga akan makmur untuk mendukung stabilitas sosial dan politik dalam jangka pendek dan menengah. Kemudian, sambil mengembangkan industri bernilai tambah, pariwisata dan perikanan adalah sektor potensial utama untuk dikembangkan. Selain itu, Indonesia telah mengambil tindakan berani untuk mengatasi masalah sampah plastik di laut dengan menyoroti solusi teknologi inovatif, termasuk peningkatan kesadaran pengelolaan limbah padat, dan restorasi sungai.

Kemudian, sambil mengembangkan industri bernilai tambah, pariwisata dan perikanan adalah sektor potensial utama untuk dikembangkan. Selain itu, Indonesia telah mengambil tindakan berani untuk mengatasi masalah sampah plastik di laut dengan menyoroti solusi teknologi inovatif, termasuk peningkatan kesadaran pengelolaan limbah padat, dan restorasi sungai.

โ€œAcara hari ini adalah untuk melihat inovasi dan ide-ide cerdas yang diajukan oleh generasi muda dari berbagai belahan dunia yang bertujuan meningkatkan kesehatan laut, sungai, dan danau. Ini adalah harapan kami bahwa pertukaran pengalaman pengetahuan dan inovasi melalui kompetisi seperti yang kami miliki saat ini akan berkontribusi pada upaya dalam melestarikan ekosistem di lautan, sungai dan danau secara global,โ€ tambah Menko Luhut.