Select Page

Malcolm Turnbull (Perdana Menteri Australia ke-29) menyatakan harapannya untuk meratifikasi kesepakatan perdagangan penting antara Indonesia dan Australia awal tahun ini, selain itu dia berharap bahwa Indonesia menolak godaan populisme ekonomi dan proteksionisme. Turnbull menyatakan bahwa IA-CEPA ( Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement) adalah bentuk nyata perdagangan bebas yang menentang praktik proteksionisme. Hal ini diungkapkan saat memberikan Kuliah Umum di FISIP UI (1/10).

Malcolm Turnbull mengatakan, proteksionisme bukanlah tangga yang dapat dipanjat untuk membantu negara keluar dari low growth trap tapi dapat membuat negara jatuh ke dalam perangkap tersebut. Perdagangan bebas dan pasar terbuka akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang kuat. IA-CEPA akan menghilangkan hambatan perdagangan. Nantinya, perjanjian ini menetapkan aturan yang menarik investasi yang berkualitas. Dia menilai kebijakan proteksionisme yang dilakukan Presiden AS Donald Trump bukan solusi untuk keluar masalah rendahnya nilai pertumbuhan dagang. Turnbull mengatakan Australia telah mempelajari kasus semacam itu beberapa waktu lalu, tepatnya saat Australia masih menerapkan proteksionisme tinggi dalam keuangan.
 
IA-CEPA berjanji untuk meningkatkan akses bagi ternak sapi dan domba Australia ke pasar Indonesia sementara akses ke Australia diharapkan akan memacu pertumbuhan industri otomotif dan tekstil Indonesia dan mendorong ekspor kayu, elektronik, dan farmasi. Lebih lanjut, Turnbull menyatakan IA-CEPA akan membuka pintu yang lebih luas bagi ekspor Indonesia ke Australia. Dia menyarankan pemerintah Indonesia untuk mendorong lebih banyak investasi, baik investasi asing langsung maupun investasi domestik, untuk meningkatkan ekspor.

Turnbull menilai Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) solusi yang tepat untuk mengurangi imbas dari perang dagang AS-Tiongkok. IA-CEPA dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia-Australia, serta dan menghilangkan atau mengurangi hambatan dalam dunia perdagangan. IA-CEPA akan menetapkan aturan modern, baik dalam layanan, investasi, dan perdagangan digital berkualitas tinggi.