Select Page

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengadakan kuliah umum yang di berikan oleh Professor Shigeto Sonoda dari University of Tokyo di Miriam Budiarjo Resource Center (MBRC) pada hari Jumat 6 September 2019. Pembahasan kuliah umum tersebut adalah “how are elite university students in ASEAN countires looking at asian neighbors”. Fokus penelitian menggunakan sosiologi komparatif masyarakat Asian, survei mahasiswa Asian sebagai dataset berharga untuk membandingkan. Menurut Professor Shigeto Sonoda, soft power dan psiko-politik adalah dimensi emosional yang penting dalam hubungan internasional.

Kesimpulan dari penelitian tersebut, tidak semua mahasiswa di negara ASEAN memiliki pandangan yang baik tentang negara-negara anggotanya dibandingkan dengan negara-negara non-anggota ASEAN. Dalam hal pendidikan tidak semua mahasiswa di negara ASEAN ingin pergi ke negaraa ASEAN lainnya untuk belajar lebih dari negara-negara non-anggota ASEAN dan mahasiswa negara ASEAN belum tentu terhubung secara sosial.

Pada akhir perkuliahan umum tersebut diadakan sesi tanya jawab oleh peserta dengan Professor  Shigeto Sonoda, beliau mengajak mahasiswa Indonesia untuk bisa berpartisipasi dalam penelitian tersebut dan berganbung dengan mahasiswa dari negara Asia lainnya, seperti Jepang dan Hongkong, agar nantinya data yang sudah ada bisa ditambahkan lagi untuk memperkuat fakta dan data yang ada di lapangan.