Select Page

Dewan Guru Besar, Senat Akademik beserta Pimpinan FISIP UI mengadakan  pertemuan dengan para Lektor Kepala dalam  rangka Program Pelancaran Guru Besar FISIP UI (15/02). Pertemuan dibuka dengan sambutan singkat Ketua DGB FISIP UI, Prof. Adrianus Meliala, Ph.D, dilanjutkan dengan paparan Dekan FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, MSc. Selain itu hadir para pembicara antara lain Prof. Soedarsono Hardjosoekarto, Ph.D  (FISIP UI) serta Prof.  Dr. Hamdi Muluk (Fakultas Psikologi UI)

Dekan FISIP UI Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc memaparkan  profil  para lektor yanga ada di lingkungan FISIP UI, khususnya terkait dengan angka kredit yang telah diraih serta yang masih harus dikumpulkan guna memperoleh jenjang guru besar. Diperlihatkan bahwa terdapat beberapa lektor kepala yang sudah mendekati  norma angka kredit guru besar, namun masih cukup banyak pula yang masih jauh dari norma tersebut.

Prof. Soedarsono Hardjosoekarto, Ph.D  dari Departemen Sosiologi FISIP UI memaparkan hasil  dari analisis terhadap kuesioner yang diedarkan jauh-jauh hari kepada para lektor kepala guna diisi. Dari total 18 lektor kepala, terdapat 11 orang yang memberi respons. Yang ditanyakan dalam kuesioner tersebut adalah hal-hal apa yang sudah, sedang dan akan dilakukan dalam rangka proses menjadi guru besar.

Prof.  Dr. Hamdi Muluk dari Fakultas Psikologi UI memaparkan beberapa cara membuat publikasi yang layak terbit di jurnal internasional yang berkualitas. Prof. Hamdi mensinyalir bahwa banyak sekali lektor kepala yang memiliki kelemahan terkait publikasi yakni tidak pernah mengirim karya sama sekali.

Usai paparan, dilanjutkan dengan sesi  tanya-jawab dimana terdapat perbincangan hangat perihal cara mensiasati waktu, mensiasati data serta penulisan sehingga menghasilkan tulisan jurnal yang baik. Juga didiskusikan perihal strategi pemilihan jurnal guna mempertinggi kemungkinan untuk terbit.