Senin (15/6/2015) Televisi Universitas Indonesia (TVUI) Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI bekerja sama dengan NET TV dan Imaji Bumi menyelenggarakan Seminar “Broadcasting Industry Nowadays: A Transformation to New Media Application.” Bertempat di Auditorium Gedung Komunikasi, FISIP UI, Kampus UI Depok. Seminar ini membahas topik terkait Dunia Penyiaran Televisi di Era Digital yang dipaparkan langsung oleh Vice President of Services PT NET Mediatama Indonesia (NET TV), Rahmat Edi Irawan, M.I.Kom dan Pemimpin Redaksi NET. CJ, Dede Apriadi. Topik lain yang dipaparkan dalam seminar ini adalah Citizen Journalism yang merupakan praktik jurnalisme yang bukan dilakukan oleh jurnalis atau wartawan media, tetapi dilakukan oleh warga yang berada dekat saat suatu kejadian terjadi. Pada Citizen Journalism warga biasa menjalankan fungsi selayaknya jurnalis profesional dengan menggunakan internet untuk menyebarkan informasi dan berita yang berhasil mereka liput.

Pada sesi berikutnya Drs. Awang Ruswandi, M.Si. memberi paparanya terkait topik TV UI. TV UI dirintis awal tahun 2000an. Kemunculan TV UI salah satunya sebagai televisi komunitas yang mewadahi kebutuhan komunikasi secara audio visual bagi sivitas akademika Universitas Indonesia dalam bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Awang menjelaskan bahwa kehadiran TV UI diharapkan dapat menjadi wadah dalam mengembangkan sarana belajar mengajar di bidang televisi serta menjadi tempat bagi mahasiswa untuk praktek di bidang televisi. Isi siaran TV UI meliputi berita dan Informasi seputar kampus UI (dekat secara geografis) serta berita dan Informasi yang relevan dengan dengan sivitas akademika UI (dekat secara psikologis). Awang mengatakan, “Secara penyajian, TV UI disajikan secara professional dan bertanggung jawab, serta berpedoman pada kode etik siaran (P3 SPS: Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran)”

Studio dan transmisi TV UI direncanakan akan berada di Gedung F FISIP UI Kampus Depok. Sebagai sarananya akan menggunakan peralatan Lab Audiovisual Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI. “TV UI akan mengudara di saluran teresterial 52 UHF,” kata Awang.

Dalam seminar ini juga diinformasikan adanya rekrutmen TV UI dengan tenggat waktu pendaftaran 17 Juni 2015. Posisi yang dibutuhkan Produser, Reporter/ Presenter, Video Journalist/ Camera Person, Creative & Researcher, Production Assistant , Editor, Programming, Administrasi & Keuangan, Marketing/ Public Relations/ Sales, dan Staf Teknik/ Control Room Crews. Link pendaftaran dapat diakses melalui bit.ly/rekrutmenTVUI.