Select Page

Tracer Study UI dapat diakses melalui smartphone


Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni telah melaksanakan Tracer Study Universitas Indonesia (TSUI) secara online sejak tahun 2010. TSUI adalah studi untuk melacak jejak alumni dan memperoleh gambaran situasi transisi dari pendidikan tinggi ke dunia pasca-pendidikan tinggi terutama dunia kerja dan dunia pendidikan lanjutan. TSUI menyediakan data dan informasi mengenai outcome pembelajaran termasuk potret situasi transisi dari pendidikan tinggi ke dunia pasca-pendidikan tinggi terutama dunia kerja dan dunia pendidikan lanjutan.  Masa tunggu kerja, sebaran tempat bekerja, dan keselarasan baik vertikal (keseuaian antara posisi pekerjaan dengan level pendidikan) dan horizontal (antara disiplin keilmuan dengan jenis pekerjaan), juga informasi mengenai perolehan dan penggunaan kompetensi merupakan informasi kunci bagi penyusunan kebijakan mengenai pembinaan karir serta perbaikan input dan proses pembelajaran.

Data dan informasi yang diperoleh dari TSUI juga bermanfaat bagi mahasiswa dalam merencanakan masa depannya. Informasi ini akan sangat membantu mahasiswa dan calon alumni untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi. Posisi UI sebagai universitas terbaik di Indonesia juga tak lepas dari sukses karir alumninya.

Tahun ini, TSUI menggunakan online research tools baru yang lebih user friendly dan diakses baik melalui komputer maupun smartphone. Responden dapat mengakses kuesioner dengan mudah pada berbagai macam platform yaitu Windows, Mac Os, Linux, dan android. Dengan kemudahan ini, untuk mengisi kuesioner TSUI tidak perlu lagi harus berada di hadapan komputer atau laptop, dan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja responden memiliki waktu luang.

TSUI 2019 dengan target lulusan UI tahun 2017 akan dilaksanakan pada bulan Juli โ€“ September 2019. Undangan yang berisikan link kuesioner dan PIN akan dikirimkan melalui email, diharapkan seluruh lulusan UI tahun 2017 dari semua jenjang (Vokasi, S1, S2, dan S3) dan semua varian (Reguler, Ekstensi, Paralel dan Kelas Internasional) dapat merespons undangan tersebut. Bila ada perubahan alamat email, pastikan alamat email anda terupdate dengan melakukan konfirmasi ke tracerstudy@ui.ac.id.

Gambar 1. Tampilan laman muka kuesioner TSUI 2019 pada komputer dan pada smartphone

Gambar 2. Tampilan laman isi kuesioner TSUI 2019 pada komputer dan pada smartphone