Pilih Laman

Artha Nadiny Siahaan (Komunikasi 2014), Abdur Rizki Akbar (Komunikasi 2014), dan David Ganda (Fiskal 2014) bersama delapan orang lainnya yang tergabung dalam tim Vocademia UI sabet medali emas di festival Canta Al Mar, Spanyol, 25-28 Oktober 2017 lalu. Mereka juara di kategori popular cholar music pada festival tahunan yang diikuti paduan suara dan vocal group dari seluruh dunia.

Tim Vocademia UI membawakan dua lagu berbahasa Papua yang sudah diaransir ulang, yakni Apuse dan Tanah adalah Ibu Kami mendapat atensi penonton dan 37 negara peserta. Mereka juga membawakan tiga lagu pop, Side to Side (Ariana Grande) medley with I Know What You Did Last Summer (Shawn Mendes), Writings on the Wall (Sam Smith), dan Sugar (Maroon Five).

“Ini pencapaian yang kami syukuri bisa dapat gold medal dan juara 1 festival di Eropa. Ini seperto double bonus yang dikasih Tuhan. Saya bersyukur banget,” kata Artha saat diwawancarai.

Tak hanya juara, Artha, Rizki, Ganda dan teman-temannya di Tim Vocademia UI juga diberi kehormatan membuka festival tersebut. Hanya dua tim dari seluruh peserta yang diberi kesempatan tersebut, yaitu Vocademia UI dari Indonesia dan Tim Spektrum dari Islandia. Dalam penampilan pembuka tersebut, seluruh anggota Vocademia mengenakan kain Batik Kalingga.

Sebelumnya tim vocademia ini juga menjadi juara 1 kategori pop di Busan Choir Competition 2015 di Korea Selatan, dan 2016 menjuarai Pekan Seni Mahasiswa Nasional di Kendari.

Artikel Lainnya:  Peneliti dan Jurnalis Perempuan Berbagi Pengalaman tentang Isu Gender