Pilih Laman

FISIP UI secara rutin melakukan acara buka puasa bersama dari tahun ke tahun. Acara buka bersama di Bulan Ramadan adalah salah satu cara untuk merekatkan tali silaturahmi di antara sivitas akademika FISIP UI. Pada Ramadan kali ini, acara buka puasa bersama diselenggarakan pada Kamis (31/05) dengan mengusung tema “Hikmah Ramadan dalam Persaudaraan dan Kebangsaan”. Acara ini dihadiri  oleh Dekan FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc.; Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan, Cecep Hidayat, S.IP., IMRI.; Kepala UPMA dan Data Akreditasi, Dr. Indera Ratna Irawati, M.A.; Kepala MBRC, dra. Evi Fitriyani, M.A., Ph.D; Wakil Manajer Khusus Bidang Pengelolaan dan Pemeliharaan, Drs. Dadang Sudiadi, M.Si.; Koordinator Kemahasiswaan, Bhakti Eko Nugroho, S.Sos., M.A; Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, & Kemahasiswaan periode sebelumnya, Prof. Isbandi Rukminto Adi, M.Kes., Ph.D.

Artikel Lainnya:  Medical Check Up Dosen & Karyawan FISIP UI

Tilawah dan sari tilawah yang dilantunkan dua mahasiswa FISIP UI, Muhammad Fikri dan Pia Sabani, menjadi pembuka acara yang bertempat di Auditorium Juwono Sudarsono ini. Menjelang berbuka, hadirin mendengarkan tausiyah yang diberikan Ustadz sekaligus salah satu dosen pengampu mata kuliah MPK Agama Islam Universitas Indonesia, Sihabbudin Afroni, M.A. Senada dengan tema acara, Ustadz Shihabbudin mengingatkan kembali dalam ceramahnya tentang agama Islam sebagai agama yang penuh welas asih. Ia mengatakan bahwa kekerasan bukan jalan umat muslim dalam memperjuangkan agama.

“Islam adalah agama Rahman, yang rahmatan lil alamin, membawa rahmat dan kesejahteraan bagi alam semesta”, ucapnya.

Selanjutnya, Ustadz Shihabbudin menerangkan banyaknya narasi-narasi dalam Al-Qur’an yang menunjukkan bahwa agama Islam adalah agama yang mengedepankan kasih sayang, toleransi, dan welas asih.

Artikel Lainnya:  FISIP UI dan University of Melbourne Adakan Kelas Kolaborasi Internasional

“Contohnya adalah setiap surat yang diturunkan dalam Al-Qur’an selalu dicantumkan basmalah. Artinya adalah Allah menurunkan ayat-ayatnya sebagai petunjuk manusia itu didasari atas rasa welas asih Allah sebagai Pencipta terhadap hamba-hambaNya”, terangnya.

Tausiyah Ustadz Shihabbudin selesai berbarengan dengan berkumandangnya adzan maghrib, tepat pada pukul 17.47 WIB. Para dosen, mahasiswa, maupun karyawan FISIP UI pun bersegera menikmati makanan berbuka, kemudian dilanjutkan dengan shalat maghrib berjamaah di tempat yang sama.