Pilih Laman

Demi menjaga silaturahmi dan komunikasi sesama alumni, Program Studi Ilmu Administrasi Fiskal adakan reuni lintas angkatan. Acara reuni yang diadakan di Auditorium Juwono Sudarsono pada Sabtu (2/4/2016) tersebut dihadiri oleh kurang lebih 70 orang dari angkatan 1980 sampai angakatan terbaru 2013.

Titi Muswati Putranti, alumni angkatan 1980, dalam sambutannya mengatakan bahwa reuni ini diadakan untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan alumni. Selain itu, ajang reuni ini menjadi cara untuk berusaha meminta masukan dari para alumni untuk meningkatkan kualitas program studi Ilmu Administrasi Fiskal.

Dalam reuni tersebut dilakukan beberapa kegiatan seperti diskusi, makan siang bersama, presentasi hingga acara hiburan menyanyi bersama.

Salah satu presentasi disampaikan oleh Kepala Program Studi Ilmu Administrasi Fiskal, Wisamodro Jati. Dalam presentasinya, Jati mengatakan bahwa setelah berpisah dari FISIP menjadi Fakultas Ilmu Administrasi pada tahun 2015, program studi Fiskal saat ini memiliki rasio pengajar dan mahasiswa yang rendah. Oleh karena itu, masih membutuhkan baik dosen tetap, dosen tidak tetap maupun dosen tamu.

Pada kesempatan kali itu, Jati menawarkan kesempatan kepada alumni untuk menjadi dosen di program studi Ilmu Administrasi Fiskal. Selain itu, Jati juga meminta kepada para alumni untuk terus memberikan pembaruan mengenai kabar-kabar di dunia perpajakan. Jati juga meminta kepada alumni yang saat ini telah menjadi profesional di bidang masing-masing untuk membuka kesempatan magang kepada mahasiswa aktif Ilmu Administrasi Fiskal.

Artikel Lainnya:  Halal Bihalal Virtual Alumni FISIP UI

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi santai dengan sesama alumni. Berbagai alumni yang saat ini bekerja baik di sektor swasta maupun pemerintahan saling berbagi informasi dan masukan kepada program studi Ilmu Administrasi Fiskal. Rini G Ranti, alumni Ilmu Administrasi Fiskal tahun 1981, memberikan masukan bahwa mahasiswa ditekankan harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta kemampuan berbahasa Inggris yang mencukupi. Hal itu agar mampu bersaing tidak hanya di dunia kerja regional, melainkan tingkat internasional.

Program studi Ilmu Administrasi Fiskal saat ini menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Administras Universitas Indonesia (FIA UI). FIA UI adalah fakultas Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora yang dibentuk pada 2015. Sebelumnya, FIA UI merupakan Departemen Ilmu Administrasi yang bernaung di bawah FISIP UI. FIA UI saat ini mengelola program pendidikan jenjang dengan gelar sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3).