Pilih Laman

Setelah melewati perjuangan panjang, akhirnya terpilih mahasiswa berprestasi utama FISIP UI. Dalam acara Malam Penganugerahan Mahasiswa Berprestasi FISIP UI 2016, Badai Yuda Pratama berhasil terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi Utama FISIP UI 2016.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi mahasiswa, FISIP UI mengadakan Malam Penganugerahan Mahasiswa Berprestasi FISIP UI. Acara tersebut diadakan pada Selasa (19/4/2016) di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI. Malam itu, dipilih mahasiswa berprestasi utama dari FISIP UI serta mahasiswa berprestasi dari berbagai kategori lainnya.

Rangkaian acara dimulai dengan pertunjukan tari dari Komunitas Tari FISIP UI Radha Sarisha yang menampilkan Tari Serampang Dua Belas dari Sumatera Utara. Setelah penampilan tersebut, Edra Pramasta selaku Ketua KTF UI juga meminta hadirin untuk mendoakan serta mendukung KTF UI yang akan berangkat ke Eropa dan Turki dalam Misi Budaya KTF UI 2016 pada Juli nanti.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengumuman dan pemberian hadiah kepada mahasiswa berprestasi dari berbagai kategori. Kategori pertama adalah kategori Kewirausahaan, yang dimenangkan oleh Fakhri Sutapratama (Ilmu Politik 2013). Usaha bisnis yang Fakhri kelola di bidang perikanan dan event organizer membuat dirinya terpilih menjadi mahasiswa berpestasi di bidang kewirausahan.

Artikel Lainnya:  Praktik Pembangunan Alternatif dan Kemajuan Sosial dalam Konteks Indonesia

Kategori yang kedua adalah di bidang Olahraga. Dari beberapa nominasi, nama Mannaria Esther (Ilmu Administrasi Niaga 2014) terpilih sebagai pemenang. Prestasi Esther di bidang atletik yang telah mencapai tingkat internasional membuat juri memilihnya sebagai mahasiswa berprestasi di bidang olahraga.

Kategori selanjutnya adalah kategori Seni Budaya, yang dimenangkan oleh Haris Bashori (Kriminologi 2012). Haris adalah anggota Komunitas Tari FISIP UI Radha Sarisha. Bergabung sejak 2013, Haris aktif ikut serta di berbagai ajang lomba serta misi budaya yang diikuti KTF UI. Terakhir, ia menjadi bagian dari kontingen Misi Budaya KTF UI yang akan berangkat ke Eropa pada Juli nanti.

Dua kategori terakhir adalah kategori dari bidang Kepemimpinan dan Sosial Masyarakat. Dari kategori kepemimpinan, Rizky Pradana (Ilmu Hubungan Internasional 2013) terpilih menjadi pemenang. Sementara, Tri Nopiyanto (Ilmu Politik 2014) terpilih sebagai mahasiswa berprestasi di bidang Sosial Masyarakat atas keikutesertaannya di berbagai kegiatan sosial.

Artikel Lainnya:  Departemen Ilmu Politik Gelar Kuliah Umum Bahas Aktivisme Masyarakat Sipil di Asia Tenggara

Malam penganugerahan mencapai puncaknya hari itu ketika Wakil Manajer Bidang Kemahasiswaan mengumumkan enam besar mahasiswa berprestasi dari FISIP UI. Juara Harapan 3 sampai 1 secara berurutan adalah Muhammad Syaiful Mujab (Ilmu Politik 2013), Safira Prabawidya Pusparani (Ilmu Hubungan Internasional 2013), Qurrat Aynun Abu Ayub (Ilmu Hubungan Internasional 2013). Sementara predikat Mahasiswa Berprestasi II dan III FISIP UI 2016 diraih oleh Nariswari Khairanisa (Ilmu Hubungan Internasional 2013) dan Kezia Alaia (Ilmu Komunikasi 2013).

Puncaknya, Badai Yuda Pratama (Ilmu Administrasi Fiskal 2012) diumumkan menjadi Mahasiswa Berprestasi Utama FISIP UI 2016. Berbagai seleksi yang telah dilalui dari mulai seleksi curriculum vitae, presentasi karya tulis ilmiah, sampai debat Bahasa Inggris menghasilkan keputusan dari tim juri bahwa Badai adalah mahasiswa berprestasi yang memiliki nilai akumulatif tertinggi.

Artikel Lainnya:  Renovasi Ruang Lembaga Giatkan Diskusi Mahasiswa

Pengumuman tersebut sekaligus membuat Badai berhak mewakili FISIP di ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi Utama di tingkat Universitas Indonesia. Dalam pidatonya, Badai berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung dirinya selama proses seleksi berlangsung. Ia juga mengungkapkan bahwa semua mahasiswa yang telah melalui proses seleksi mahasiswa berprestasi adalah pemenang yang telah berjuang dengan baik. Terakhir, ia meminta restu dan dukungan agar mampu meraih hasil baik pada seleksi mahasiswa berprestasi di tingkat Universitas Indonesia nantinya.

Ajang seleksi Mahasiswa Berprestasi FISIP UI adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh FISIP UI. Selain untuk mencari perwakilan mahasiswa berprestasi dari FISIP di tingkat universitas, ajang ini adalah bentuk apresiasi kampus FISIP UI kepada mahasiswa yang memiliki prestasi cemerlang di berbagai bidang.