Pilih Laman

Pada Jumat (27/3/2015), gelaran bedah buku dalam rangkaian peringatan Dies Natalis FISIP UI kembali diadakan. Buku yang dibedah pada kesempatan ini bertajuk “Partai Syarikat Islam Indonesia: Kontestasi Politik hingga Konflik Kekuasaan Elite” karya Dr. Valina Singka, M.Si. Acara ini diselenggarakan di Gedung Koentjaraningrat Lantai 1, Kampus FISIP UI, dengan mengundang Dr. Firman sebagai pembahas. Hadir sebagai pembawa acara, Drs. Raymond Michael Menot dari Unit Riset, Publikasi Ilmiah, dan Pengabdian Masyarakat FISIP UI.

Dalam penjelasannya, Valina menceritakan bahwa penulisan buku ini terinspirasi dari skripsinya di bidang Ilmu Politik pada 1985. “Seiring perjalanan waktu, fenomena kepartaian di Indonesia—khususnya partai-partai Islam—tidak pernah mampu mengkonsolidasikan dirinya sebagai kekuatan politik yang besar di Indonesia. Inilah yang melatarbelakangi saya dalam menulis buku ini,” ungkap Valina.

Artikel Lainnya:  Mahasiswa Baru Sudah Memulai Kuliah Semester Ganjil 2011/2012

Dalam buku ini dijelaskan, Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII)— yang berawal dari Syarikat Islam (SI)— adalah organisasi pelopor gerakan kebangsaan pertama di Indonesia yang bergerak memperjuangkan kemerdekaan yang sifatnya lintas etnis, lintas kelas, dan berskala nasional.

Buku ini menggambarkan perjalanan politik PSII setelah kemerdekaan, khususnya pada masa awal Orde Baru. Saat itu partai-partai harus berhadapan secara politik dan ideologis dengan pemerintahan Orde Baru yang menghendaki restrukturisasi kepartaian melalui fusi pada 1973. Terkait persoalan struktural, partai-partai politik (Islam) di Indonesia sampai saat ini masih belum maksimal melaksanakan fungsi-fungsi kepartaian sebagai kontribusi untuk penguatan demokrasi substantif.

Karya Valina ini menggambarkan prisma Islam politik seperti tercermin dalam pengalaman PSII. Pembaca tidak hanya dapat menikmati political account yang tidak selalu menggembirakan tentang PSII, tetapi juga memahami realitas partai Islam sesungguhnya. Karya ini merupakan kontribusi penting dalam pengetahuan tentang PSII dan Islam Politik Indonesia.

Artikel Lainnya:  Pendekatan Integratif sebagai sebuah Program Deradikalisasi di Lapas

Diharapkan acara Bulan Bedah Buku dalam rangkaian perayaan Dies Natalis FISIP UI ke-47 ini, akan menginspirasi sivitas akademika FISIP UI untuk terus menghasilkan karya yang memiliki sumbangsih bagi ilmu pengetahuan.