Select Page

Ali Ridho Al Jufri (kanan), Project Officer Eksplorasi Desa Kita III dari Departemen Sosial Masyarakat BEM FISIP UI, melakukan peletakan batu pertama dari pembangunan perpustakaan “Rumah Baca Hambalang” bersama dengan Ibu Tini Suhartini, S.Pd.I (kiri) selaku Kepala Madrasah MI Al-Wasilah. Foto: Tim Eksplorasi Desa Kita III.

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (BEM FISIP UI) melalui program kerja Departemen Sosial Masyarakat pada Sabtu (11/12/21). Eksplorasi Desa Kita mulai melakukan pembangunan perpustakaan secara simbolis dengan pelaksanaan peletakan batu pertama Rumah Baca Hambalang.

Eksplorasi Desa Kita (ESA) melaksanakan pembangunan perpustakaan di salah satu sekolah tingkat dasar (SD/MI) yang terletak di Desa Hambalang, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, yaitu MI Al-Wasilah.

Acara ini dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan puncak acara Eksplorasi Desa Kita III yang melibatkan beberapa pihak, yakni Ali Ridho Al Jufri (Project Officer Eksplorasi Desa Kita III), Diana Dewi (Sekretaris Desa Hambalang), H. Mulki (Kepala Yayasan Al-Wasilah), Dr. Sari Viciawati Machdum, S.Sos., M.Si (Dosen Pembimbing Eksplorasi Desa Kita III), dan Tini Suhartini, S.Pd.I (Kepala Madrasah MI Al-Wasilah).

Rumah Baca Hambalang sendiri merupakan program yang dihadirkan oleh Eksplorasi Desa Kita III untuk meningkatkan minat dan motivasi literasi siswa/i MI Al-Wasilah melalui revitalisasi dan pemberdayaan perpustakaan yang ada di sekolah. Revitalisasi ini dilakukan dengan pembangunan gedung perpustakaan baru beserta penambahan beberapa peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam perpustakaan, seperti halnya rak buku, kursi, meja kecil, dan barang-barang lainnya.

Tidak berhenti sampai di sana, Eksplorasi Desa Kita III juga melakukan penghimpunan dan penyaluran donasi buku anak secara umum, khususnya mahasiswa/i FISIP UI, guna meningkatkan partisipasi publik dalam mendukung pemenuhan minat dan peningkatan motivasi literasi siswa/i MI Al-Wasilah melalui program kerja Rumah Baca Hambalang.

“Kita tahu bahwa buku adalah jendela dunia, tetapi faktanya tingkat literasi di Indonesia masih rendah. Bagaimana bisa kita terbuka akan fenomena-fenomena besar dan hebat yang ada di dunia apabila kita tidak pernah menengok jendela yang menjadi jembatan antara kehampaan dan kelimpahan ilmu yang ada di dunia ini. Apabila semua orang memiliki akses serta kemauan untuk menjelajahi cahaya ilmu pengetahuan melalui jendela tersebut, maka hal tersebut akan meningkatkan kualitas SDM Indonesia dan akan mengantarkan pada kemajuan serta pembangunan negara kita, Republik Indonesia, yang lebih baik,” tutur Ali Ridho Al Jufri, Project Officer Eksplorasi Desa Kita III.

Berdasarkan ucapan Ali Ridho, dapat dipahami bahwa kehadiran Rumah Baca Hambalang telah menjadi bentuk pengupayaan dalam memberikan akses terhadap siswa/i MI Al-Wasilah agar dapat menjelajahi luasnya ilmu pengetahuan melalui buku sebagai jendela.

Namun, Rumah Baca Hambalang bukanlah satu-satunya upaya yang dihadirkan untuk mewujudkan tujuan mulia untuk siswa/i MI Al-Wasilah. Eksplorasi Desa Kita III juga memiliki serangkaian program acara lainnya yang hadir guna meningkatkan motivasi dalam belajar, yakni Bina Desa dan Desa Belajar.

Proses pengisian pretest pada Bina Desa. Sumber foto: Tim Eksplorasi Desa Kita III

Program acara Bina Desa telah dilaksanakan merupakan program pembinaan yang ditujukan kepada orang tua siswa/i MI Al-Wasilah. Pembinaan yang diberikan ini membahas seputar pentingnya pendidikan dengan fokus binaan pada bagaimana peran orang tua di rumah dalam mengawasi, membina, dan memotivasi anak selama mengikuti pembelajaran jarak jauh.

Pada pelaksanaannya, protokol kesehatan diberlakukan secara cukup ketat di mana orang tua diharuskan untuk mengenakan masker serta mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer sebelum mengisi daftar hadir dan memasuki ruangan. Setidaknya, terdapat 17 wali murid yang hadir untuk mengikuti acara ini sampai dengan akhir mata acara.

Selanjutnya, selama tiga pekan berturut-turut pada Sabtu tanggal 13, 20, dan 27 November 2021 telah dilaksanakan program acara Desa Belajar (Debar), dengan membawa materi yang berfokus pada pendidikan karakter dengan arah pembelajaran yang difokuskan pada upaya peningkatan motivasi anak-anak, yaitu seputar pentingnya cita-cita dan membaca buku.

“Program acara yang telah dibawakan oleh Eksplorasi Desa Kita III ini telah memberikan dampak yang cukup besar, salah satunya adalah dibangunnya perpustakaan. Tidak hanya itu, tetapi juga adanya perubahan pada siswa/i MI Al-Wasilah dalam hal meningkatnya motivasi belajar. Anak-anak menjadi lebih senang, semangat, dan lebih rajin ketika datang ke sekolah setelah dilaksanakannya program acara Eksplorasi Desa Kita III”, ucap salah satu guru di MI Al-Wasilah, yaitu Bu Ayu Lutfiah.

Dengan demikian, diharapkan program yang telah dibawa oleh Eksplorasi Desa Kita III dari Departemen Sosial Masyarakat BEM FISIP UI 2021 dapat dirasakan keberlanjutan manfaatnya oleh warga Desa Hambalang, yakni dapat terus membuat siswa semangat untuk belajar dan menggapai cita-cita, serta gemar membaca hingga pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pendidikan warga Desa Hambalang.

Sumber: Berita BEM FISIP UI