Pilih Laman

Sebagai rangkaian acara Pekan Komunikasi 2016, Journalight mengadakan acara workshop bertema Mobile Based Data Gathering. Workshop yang diikuti oleh 10 finalis lomba Journalight serta dua orang peserta umum tersebut diadakan pada Rabu (27/4/2016) di Ruang Diskusi Gedung MBRC Lantai 3.

Workshop ini mengundang pembicara ahli di bidangnya yaitu Zen Rachmat Sugito, Aulia Masna, dan Pandu Lazuardy. Sebagai seorang esais di media nasional, Zen berbagi tentang bagaimana langkah serta cara dalam menulis esai yang baik. Ia bercerita tentang proses kreatif dalam membuat suatu naskah jurnalisme sastrawi.

Sementara itu, Aulia Masna dan Pandu Lazuardy lebih membahas mengenai pengelolaan data dan bagaimana mengubahnya menjadi bentuk visual. Aulia Masna yang seorang jurnalis teknologi menceritakan tentang bagaimana data sebaiknya diolah. Ia juga berbagi tentang bagaimana proses penulisan jurnalistik yang didorong oleh data.

Pandu Lazuardy sebagai bagian dari Tim Multimedia Harian Kompas berbagi tentang bagaimana mengolah data menjadi suatu bentuk visual yang menarik. Ia berbagi pengalaman sebagai pembuat infografis di Kompas dan bercerita tentang langkah-langkah yang ia lalui dalam membuat infografis.

Selain belajar banyak tentang penulisan naskah dan pembuatan infografis, workshop itu sekaligus menjadi ajang final bagi finalis lomba Journalight untuk menyempurnakan karya sekaligus mempresentasikan tulisannya di hadapan juri.

Journalight adalah salah satu bidang acara di Pekan Komunikasi 2016. Pekan Komunikasi sendiri merupakan acara tahunan terbesar yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UI. Setiap tahun, terdapat ratusan mahasiswa yang terlibat dalam Pekan Komunikasi, baik sebagai peserta lomba, pengisi acara, atau hadir di seminar dan workshop yang diadakan.

Artikel Lainnya:  Penandatanganan MoU dengan Northern Illinois University