Pilih Laman

Bekerja sama dengan FISIP UI, YuuZoo Corporation menggelar acara CEO Talks dan Focus Group Discussion dengan tema Evolution of Social Media and Its Impact to Indonesia. Melalui acara ini, YuuZoo ingin mengajak masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa FISIP UI untuk sadar terhadap potensi bisnis yang besar dengan memanfaatkan media sosial di Indonesia.

CEO YuuZoo Corporation James Sundram.menyampaikan presentasi mengenai bagaimana perkembangan media sosial di Indonesia. Dalam presentasi selama kurang lebih 60 menit tersebut, James Sundram banyak memberikan gambaran mengenai penetrasi internet di Indonesia, jumlah pengguna media sosial, sampai potensi besar pemanfaatan bisnis media sosial di Indonesia.

James juga secara khusus memberikan gambaran bahwa sebenarnya pemanfaatan media sosial dapat dilakukan dari segi bisnis. Ia memberi contoh dengan bertanya berapa jumlah teman di Facebook yang hadirin miliki. James mengatakan bahwa berapapun jumlah teman tersebut dapat digunakan sebagai strategi marketing yang baik apabila kita ingin memasarkan suatu produk.

Artikel Lainnya:  Sosialisasi Kinerja UI Tahun 2015 di FISIP UI

Sebanyak kurang lebih 50 hadirin yang hadir pada saat itu terlihat antusias dengan presentasi dari James Sundram. Beberapa dari mereka mengajukan pertanyaan mengenai media sosial. Deka Komanda, misalnya, mahasiswa Ilmu Politik 2013 ini bertanya mengenai generasi muda dapat memanfaatkan media sosial agar tidak hanya menjadi konsumen melainkan juga produsen.

Menanggapi hal tersebut, James menjawab bahwa saat ini adalah era prosumer di mana produsen dapat bertindak sebagai konsumen maupun produsen konten. Salah satu kunci utamanya adalah bagaimana kita mampu merancang sebuah konten yang dapat kita ‘jual’ di media sosial. Tak kalah penting adalah bagaimana cara kita memasarkan konten tersebut melalui segmentasi pasar yang spesifik.

Artikel Lainnya:  Kuliah Umum: Perwakilan Khusus Sekjen PBB untuk Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak

Acara kemudian dilanjutkan dengan acara Focus Group Discussion. Sesi FGD dilakukan dengan membagi hadirin menjadi dua kelompok kecil untuk membahas dua isu yang berbeda. Kelompok satu membahas mengenai apa saja kekurangan dan kelebihan dari sebuah media sosial besar yang sudah ada. Kelompok kedua lebih membahas tentang apa saja keuntungan dan kelemahan apabila ingin membuat sebuah media sosial yang baru.

FGD tersebut berlangsung selama kurang lebih tiga puluh menit. Dipimpin oleh Tina dan Mouhan dari YuuZoo Corporation, para peserta memberikan berbagai masukan, saran, ide dan gagasan dalam diksusi kelompok tersebut. Umpan balik dari peserta menjadi masukan bagi YuuZoo untuk mengetahui pendapat masyarakat Indonesia mengenai perkembangan media serta bagaimana imbasnya kepada mereka.

Artikel Lainnya:  Seminar Nasional: “Strategi Pemuda Menyongsong Era Bonus Demografi 2020-2030”

YuuZoo Corporation adalah perusahaan yang bergerak di bidang media sosial, e-commerce dan permainan di telepon pintar. Bermarkas di Singapura, YuuZoo memiliki akses kepada 118 juta pengguna aktif dan ratusan juta penikmat televisi di 164 negara. Salah satu spesialisasi YuuZoo adalah penggunaan tempat belanja virtual di mana konsumen dapat mengakses ratusan konten hanya dengan satu akses login.