Pilih Laman

BEM FISIP UI gelar seminar film bertema Perempuan di Balik Layar. Seminar yang diadakan di Auditorium Juwono Sudarsono pada Selasa (25/4) ini membahas peran perempuan di balik layar dalam proses pembuatan film di Indonesia.

Aktris film senior, Chritine Hakim, diundang untuk membeberkan peran perempuan di balik layar perfilman Indonesia. Selain itu, datang juga produser sekaligus sutradara film perempuan lulusan Institut Kesenian Jakarta, Nan T. Achnas, dan Produser sekaligus asisten sutradara muda , Astrid Saerong.

Dalam seminar ini, Christine Hakim menjelaskan bahwa tidak ada diskriminasi gender dalam pembagian tugas di balik layar perfilman di Indonesia. Bahkan sejak dahulu, sudah ada sutradara, produser, atau insan film yang berkecimpung di dunia film yang merupakan perempuan.

Artikel Lainnya:  Kajian Pengawasan Bahan Peledak Komersial

Christine Hakim sendiri telah menjadi bintang film sejak tahun 1973. Dalam film pertamanya berjudul Cinta Pertama, Chritine berhasil membawa pulang Piala Citra FFI.

Acara seminar ini merupakan satu dari rangkaian acara Layar Kata yang diselenggarakan BEM FISIP UI. Selanjutnya, akan diadakan berbagai kegiatan di bidang seni seperti pemutaran dan diskusi film bertemakan perempuan, kelas sastra, dan malam apresiasi seni yang diisi akustik, musikalisasi puisi, dan stand up comedy. Bertepatan dengan peringatan Hari Kartini, semua rangkaian acara ini membahas peran perempuan dalam dunia seni dan budaya. (Humas-FISIP UI)