Select Page
Dwi Ardhanariswari Sundrijo, S.Sos., M.A., Ph.D.
Location Jakarta
Language English, Bahasa Indonesia
Gender Perempuan

Dwi Ardhanariswari Sundrijo, S.Sos., M.A., Ph.D.

Profil Singkat

Dwi Ardhanariswari Sundrijo atau akrab disapa Riris Sundrijo memperoleh gelar sarjana dari Jurusan Hubungan Internasional Universitas Indonesia. Ia meraih tiga gelar master, MA dalam Studi Internasional dari University of Leeds – Inggris, MA dalam Gender dan Budaya dari Central European University – Hongaria, dan MA (Terapan) dalam Penelitian Ilmu Sosial dari Victoria University of Wellington – Selandia Baru. Ia memperoleh gelar doktor tentang peran masyarakat sipil dalam Regionalisme ASEAN dari University of Warwick, Inggris.

Minat utamanya adalah pada isu transnasionalisme, khususnya yang terjadi di Asia Tenggara. Saat ini, ia mengajar di Departemen Hubungan Internasional Universitas Indonesia jurusan Masyarakat Transnasional, dan telah tujuh belas tahun. Di ASEAN, ia adalah salah satu pendiri ASEAN Students Engaging Action for Local and Regional Contribution to Society (ASEAN Logics), sebuah proyek Yayasan ASEAN yang pertama kali diadakan di Indonesia dan diadakan setiap tahun di setiap negara anggota ASEAN. Atas nama HRWG Indonesia, ia bertanggung jawab atas serangkaian penelitian regional dalam mengembangkan mekanisme keterlibatan masyarakat sipil di ASEAN. Pada tahun 2013, dalam kapasitasnya sebagai peneliti di Pusat Studi ASEAN – Universitas Indonesia, ia memprakarsai pembentukan Jaringan Studi ASEAN (bekerja sama dengan Pusat Studi ASEAN, Universitas Thammasat, Thailand).

Riris menerbitkan buku dan artikel, dan menjadi fasilitator dalam berbagai pelatihan, lokakarya, dan diskusi meja bundar tentang masalah yang terkait dengan minatnya. Sebelum menjabat sebagai Manajer Riset, Publikasi Akademik, dan Pengembangan Masyarakat di FISIP UI, Riris adalah direktur eksekutif Pacivis – Center for Global Civil Society Studies, Universitas Indonesia.

Riwayat Pendidikan

5

Pendidikan Sarjana (S-1)

Ilmu Hubungan Internasional
Universitas Indonesia
Indonesia

9

Pendidikan Magister (S-2)

International Studies
University of Leeds
United Kingdom

9

Pendidikan Magister (S-2)

Gender and Culture
Central European University
Hungary

9

Pendidikan Magister (S-2)

Social Science Research
Victoria University of Wellington
New Zealand

Pendidikan Doktor (S-3)

Politics and International Studies
University of Warwick
United Kingdom