Select Page
Dr. Prihandoko Sanjatmiko, M.Si.
Email prihandoko09@ui.ac.id
Location Jakarta
Language English, Bahasa Indonesia
Specialty Multispecies Ethnography, Maritime Anthropology, Biological Anthropology
Gender Male

Dr. Prihandoko Sanjatmiko, M.Si.

Dr. Prihandoko Sanjatmiko ialah staf pengajar program sarjana dan pascasarjana pada Departemen Antropologi UI. Ia juga menjabat sebagai Sekretaris Program Pascasarjana Departemen Antropologi UI dari tahun 2017 hingga 2018. Ia merupakan lulusan sarjana Jurusan Antropologi UI pada tahun 1992 dan mendapatkan gelar magisternya juga di Antropologi UI pada tahun 2000. Ia kemudian memperoleh gelar doktornya dari Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor pada tahun 2012.

Selama ini, Prihandoko memfokuskan studinya pada lingkungan dan masyarakat pesisir. Ia juga memiliki ketertarikan pada kajian antropologi biologi. Sejak tahun 2015 sampai saat ini, ia melakukan proyek penelitian mengenai Tenurial dan Multispecies Anthropology di Segara Anakan Cilacap, Jawa Tengah. Ia juga melakukan program pengabdian masyarakat dalam bidang Community Management untuk komunitas pesisir di Cirebon dan Segara Anakan Cilacap mulai tahun 2013 hingga saat ini.

Selected Publications

Sanjatmiko, P. 2018. ‘A Critical Review of Hardin’s Tragedy of the Commons Model (1968): A Case Study of the Segara Anakan Community, Cilacap, Central Java’, Antropologi Indonesia, 39(1) :1-14.

Sanjatmiko, P., P. Rahmawati, & M.R. Bahtiar. 2017. Kekayaan potensi mangrove Segera Anakan, Cilacap: Dengan latar belakang masyarakat Kampung Laut yang gigih berjuang. Depok: Departemen Antropologi FISIP Universitas Indonesia.