Pilih Laman

Dekan FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc. bersama Deputi Menteri PPN/Kepala Bappenas Bidang Pengembangan Regional, Ir. Rudy Soeprihadi Prawiradinata, MCRP, Ph.D resmikan ruangan baru Pusat Kajian Perlindungan Anak (Puskapa) pada Rabu (10/1). Ruangan yang menempati lantai 1 Gedung Nusantara II, FISIP UI ini diresmikan pasca rampung direnovasi akhir tahun 2017 lalu.

Tak hanya ruangan Puskapa yang dierbarui sehingga lebih nyaman dan fungsional, pada hari yang sama dekan juga meresmikan Auditorium Anak Nusantara dan Lobby Nusantara II. Auditorium Anak Nusantara merupakan auditorium serba guna yang dapat digunakan untuk kegiatan seminar, diskusi, kuliah tamu, dan lain sebagainya dengan kapasitas 100 orang. Sedangkan Loby Nusantara II direnovasi sehingga lebih fungsional. Tak hanya menjadi tempat menunggu mahasiswa, lobby ini juga dapat digunakan untuk kegiatan lain seperti pelantikan pejabat di lingkup fakultas atau universitas.

Artikel Lainnya:  Mahasiswa FISIP UI Raih Prestasi di Bidang Penelitian dan Kehumasan

“Semua (renovasi) ini hanya dimungkinkan karena kinerja dari Puskapa yang luar biasa dan timnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu,” kata Dr. Arie Setiabudi pada sambutannya.

Ruang baru Puskapa yang baru diresmikan ini diharapkan mampu menambah semangat bekerja para peneliti dan staf karyawannya, berhubung selama ini Puskapa dinilai menjadi academic franchise yang bisa dibanggakan FISIP karena kegiatannya sudah di tingkat global. Selain itu, Puskapa telah menghasilkan banyak public research yang membantu pemerintah dalam hal ini Bappenas untuk menerapkan kebijakan.  

Puskapa dibentuk pada awal 2010 di Universitas Indonesia melalui kerjasama FISIP UI, Columbia University, dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Bappenas. Pusat kajian ini bekerja untuk membantu membuat kebijakan dan memperbaiki akses anak-anak pada kesehatan, pendidikan, keadilan, dan layanan sosial di Indonesia.

Artikel Lainnya:  Melawan Ujaran Kebencian di Indonesia