Select Page

FISIP UI terus menuju posisi terbaik di Indonesia lewat penilaian unggul di beberapa program studi, seperti Anthropology (ke-2 Asia Tenggara, 101-140 dunia), Communication and Media Studies (ke-5 Asia Tenggara, 201-240 dunia), Politics and International Studies (ke-5 Asia Tenggara, 101-150 dunia), Social Sciences (ke-5 Asia Tenggara, 112 dunia), Sociology (ke-6 Asia Tenggara, 201-250 dunia). Peringkat tersebut berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh The Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) by Subject tahun 2022.

The QS WUR by Subject tahun 2022, mencakup 51 displin ilmu. Pemeringkatan tersebut bertujuan untuk membantu calon mahasiswa mengidentifikasi universitas terkemuka dunia dan untuk perbandingan tingkat program studi atau fakultas.

“Ranking yang telah dicapai oleh FISIP dalam QS WUR ini merupakan kegembiraan bahwa tulisan-tulisan dan performa yang tinggi dari mahasiswa, alumni dan dosen-dosen terkait ilmu sosial sudah cukup baik, hal tersebut dilihat dari ranking nasional maupun internasional. Saya rasa ini merupakan capaian yang baik, semoga bisa dipertahankan dan saya ucapkan selamat kepada rekan-rekan dosen, peneliti, alumni dan mahasiswa,” ujar Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto.

Ada empat komponen yang digunakan untuk memeringkat universitas dalam QS World University Rankings by Subject 2022, dalam hal ini khususnya FISIP UI, yaitu (1) Academic Reputation, hasil survei global yang dilakukan kepada pengguna lulusan dan kalangan akademisi, (2) Employer Reputation, kerjasama antara instani dengan lembaga lain (3) Citations, penelitian per-makalah jumlah penelitian yang dicapai dalam subjek atau topik, yang data kutipan bersumber dari Elsevier Scopus, (4) H-Index yang mengukur produktivitas dan dampak penelitian akademisi yang sudah dipublikasikan .

Perhitungan ranking QS World University Rankings di lihat dari kinerja dosen, mahasiswa dan alumni. Lalu untuk publikasi yang terhitung adalah topik-topik tentang ilmu sosial. Beberapa subjek-subjek dari FISIP UI masuk kedalam ranking lima besar di Asia Tenggara seperti sosiologi, komunikasi, antropologi, politik, hubungan internasional serta kesejahteraan sosial dan kriminologi yang masuk kedalam perhitungan social policy.  Di lihat dari ranking antropologi yang menduduki peringkat kedua di Asia Tenggara, cukup mengejutkan. Tema-tema publikasi terkait dengan antropologi meningkat banyak.

Lebih lanjut Prof. Semiarto mengatakan, dalam penilaian ranking QS WUR yang paling penting adalah academic reputation dan employer reputation. Nampaknya kedepannya FISIP UI berkerjasama dengan mitra yang mempunyai reputasi tinggi akan berkontribusi lebih dan signifikan. “Hal tersebut memberikan dampak pada arah penelitian dan pengabdian masyarakat kedepannya. Engagement dengan komunitas dan kerjasama dengan lembaga-lembaga negara atau pemerintah menjadi sangat stargetis kedepannya.”