Pilih Laman

Dekan FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Susilo, M.Sc., meresmikan renovasi gedung Miriam Budiarjo Resource Center (MBRC) pada Senin (1/2/2016). Peresmian tersebut dilakukan dengan menggunting pita, bertepatan dengan perayaan Dies Natalis FISIP UI ke-48.

Pada acara tersebut diresmikan beberapa fasilitas baru seperti elevator buku, pusat layanan administrasi terpadu, serta pusat layanan perpustakaan digital yang beralamat di digilibmbrc.fisip.ui.ac.id. Layanan perpustakaan digital tersebut menyediakan meta data dari koleksi buku yang dimiliki oleh setiap departemen di FISIP UI. Selain itu, hadir pula tempat luas di lantai dasar yang akan dijadikan sebagai tempat bedah buku yang rencananya akan rutin dilakukan pada semester mendatang.

Beberapa fasilitas lain yang akan menyusul hadir adalah penggantian komputer lama dengan 30 set komputer baru serta pintu masuk otomatis yang diakses menggunakan Kartu Tanda Mahasiswa. Dengan adanya pintu otomatis, maka rekam jejak peminjaman buku serta kunjungan mahasiswa ke MBRC akan tercatat oleh sistem. Berbagai fasilitas baru tersebut melengkapi fasilitas yang sudah ada sebelumnya seperti koleksi buku, ruang rapat, ruang diskusi, serta ruang akses internet.

Artikel Lainnya:  Mendorong Negara Memenuhi Hak Atas Reparasi Bagi Korban Kejahatan

MBRC didirikan pada 24 Februari 2005 di masa kepemimpinan Dekan FISIP UI periode 2003—2008, Prof. Dr. der Soz. Gumilar Rusliwa Somantri. MBRC dibangun dengan harapan menjadi tempat pembelajaran yang terbuka dan modern bagi mahasiswa. Nama Miriam Budiarjo sendiri diambil dari salah satu tokoh penting dalam sejarah FISIP UI, Prof. Dr. (HC) Miriam Budiardjo, M.A. yang merupakan pakar ilmu politik di Indonesia. Ia juga menjabat menjadi Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) periode 1974—1979.