Pilih Laman

Untuk memperluas jaringan kerjasama dan menghidupkan kembali ikatan kerjasama yang dahulu terjalin erat antara Universitas Indonesia (UI) dengan universitas-universitas di Belanda, Rektor UI Prof. Dr. Muhammad Anis bersama Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan IIlmu Politik (FISIP) Dr. Arie S. Soesilo, M.Sc. dan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Dr.rer.nat. Abdul Haris mengunjungi beberapa universitas di negeri kincir angin dan Belgia. Kunjungan telah dilaksanakan pada10–15 April silam.

Pada kesempatan kunjungan kali ini, Dekan FISIP UI telah menandatangi Letter of Intent (LOI) for Academic Cooperation antara FISIP UI dengan Institute of Cultural Anthropology and Developmental Sociology, Faculty of Social and Behavioral Sciences dari Leiden University. LOI ditandantangani oleh Dr. Arie S. Soesilo, M.Sc. (Dekan FISIP), Prof. Hanna Swaab (Dean of Faculty of Social and Behavioral Sciences) dan Prof. Gerard A. Persoon, Ph.D. (Scientific Director and Chair of Institute of Cultural Anthropology and Developmental Sociology).

Universitas yang dikunjungi adalah Leiden University, University of Groningen, University of Amsterdam (Belanda) dan Ghent University (Belgia). Bagi FISIP sendiri, kunjungan ini juga antara lain selain menjajaki adanya kerjasama baru, juga untuk menjalin kembali kerjasama yang pernah ada. Sampai tahun 1980-an kerjasama antara FISIP UI dengan Universitas Leiden telah dijalin kerjasama dengan berbagai skema kegiatan. Setelah itu tak ada lagi kegiatan bersama di antara kedua institusi tersebut.

Artikel Lainnya:  Pelatihan Audit Internal ISO 9001: 2015

Berbagai kemungkinan kerjasama lain seperti pengiriman staf pengajar untuk studi doktoral, riset bersama, perkuliahan double degree, dan sebagainya sudah dijajaki Dekan FISIP UI. Langkah nyata dari hasil kunjungan ini akan segera direalisasikan.(AR)