Pilih Laman

Departemen Ilmu Hubungan Internasional mengadakan acara kuliah umum bertema “Contemporary Debates in International Relations and Diplomacy: ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA)”. Acara yang dilaksanakan pada Rabu (25/5/2016) ini diadakan sebagai rangkaian Kuliah Kompetensi Diplomasi Interaktif (KDI) Program Sarjana Reguler Departemen Hubungan Internasional FISIP UI.

Kuliah umum selama dua jam tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) Secretary General, Periowasamy Otharam. Dalam presentasinya, Otharam menyampaikan tentang apa itu AIPA, apa saja maksud dan tujuan dari organisasi tersebut, serta menjelaskan tentang struktur organisasi dan rekan kerja mereka.

Otharama menjelaskan bahwa AIPA memiliki suatu tujuan yaitu One Vision, One Identity, One Community. One Vision memiliki arti bahwa AIPA gencar mempromosikan prinsip-prinsip hak azasi manusia, demokrasi, perdamaian, keamanan, dan kemakmuran. Sedangkan, One Identity memiliki makna untuk menggaungkan semangat kebersamaan di antara warga ASEAN. Terakhir, One Community adalah sebuah semangat untuk warga ASEAN untuk hidup dalam satu komunitas yang kohesif secara politik, terintegrasi secara ekonomi dan bertanggung jawab secara sosial serta patuh terhadap hukum.

Artikel Lainnya:  Tantangan Keterbukaan Informasi Publik di Era Digital

ASEAN Inter-Parliamentary Assembly atau disingkat dengan AIPA adalah sebuah organisasi yang berfungsi sebagai pusat komunikasi dan informasi antar anggotanya yang terdiri dari Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos Republik Demokratik Rakyat, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Sebagaimana dikutip dari websitenya, AIPA bertujuan untuk mendorong pemahaman, kerjasama, dan hubungan yang erat antar organisasi parlemen di Asia Tenggara. AIPA juga memainkan peran penting dalam mengakrabkan bangsa-bangsa Asia Tenggara dengan kebijakan yang ditujukan untuk mempercepat terwujudnya Komunitas ASEAN.