Pilih Laman

Kamis (9/2/2017) Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI menggelar kuliah tamu dengan mengangkat judul “The Rise and Fall of Maritime Powers in World History: Lessons for Indonesia.” Hadir sebagai pembicara dalam kuliah umum ini, Prof. Geoffrey Till (Emeritus Professor of Maritime Studies King’s College London).

Acara dibuka dengan sambutan dari Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc. selaku Dekan FISIP UI yang memberikan apresiasi atas terselenggaranya kuliah umum ini. Acara dilanjutkan dengan presentasi dari Prof. Geoffrey Till yang menjelaskan faktor-faktor penyebab jatuh bangunnya kekuatan maritim di beberapa negara yang tercatat dalam sejarah dunia sehingga dapat ditarik menjadi pelajaran penting untuk Indonesia.

Prof. Geoffrey Till juga memaparkan masalah khas yang dihadapi Navies dan Coastguards antara lain defence inflation, budgetary limitations, resources (commitments gap), sea blindness, dan land-centric culture. Ia kemudian melanjutkan pemaparannya terkait prioritas kebijakan dan strategi maritim (area masalah) serta kebijakan dan strategi militer dan angkatan laut.

Acara yang berlangsung di Auditorium Juwono Sudarsono, Kampus FISIP UI Depok ini dihadiri pula Laksda Amarulla Octavian (Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Universitas Pertahanan), Prof. Drs. Adrianus Eliasta Meliala, M.Si., M.Sc, Ph.D. (Ketua Dewan Guru Besar FISIP UI), Evi Fitriani, M.A., Ph.D. (Kepala MBRC FISIP UI), Mahasiswa Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI, Mahasiswa Universitas Pertahanan, dan kalangan umum lainnya.

Artikel Lainnya:  Kiprah Antropologi Indonesia Masa Kini: Semakin “Lenyap”, “Sekadar Bertahan”, ataukah “Menguat” dalam Ranah Publik?