Pilih Laman

Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI mengadakan pertemuan dengan perwakilan dari University of Missouri pada Selasa (14/6/2016). Pertemuan yang diadakan di Ruang Nurani, Gedung A FISIP UI tersebut dilakukan untuk saling menjajaki bentuk kerjasama antara kedua belah pihak, khususnya antara Peminatan Jurnalisme Ilmu Komunikasi FISIP UI dengan Missouri School of Journalism.

Dalam pertemuan awal itu, kedua pihak menceritakan mengenai masing-masing kampusnya. Sekretaris Departemen Ilmu Komunikasi, Dewi Chandra Kirana, M.Si., menyampaikan bahwa Jurnalisme adalah salah satu peminatan yang ada di Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI. Departemen Ilmu Komunikasi sendiri adalah departemen dengan jumlah terbesar di FISIP UI.

Sementara itu, Associate Dean for Global Program Missouri School of Journalism Fritz Cropp menjelaskan University of Missouri adalah salah satu universitas besar di Amerika Serikat. Universitas yang bermarkas di Missouri, Amerika Serikat tersebut memiliki 20 fakultas di mana Missouri School of Journalism adalah salah satu di antaranya.

Didirikan pada tahun 1908, Missori School of Journalism sendiri adalah salah satu sekolah jurnalisme tertua di dunia. Saat ini, fakultas yang memiliki 2000 mahasiswa sarjana serta 250 mahasiswa program master dan doktoral tersebut memiliki kurang lebih 30 jurusan seperti Jurnalisme Internasional, Jurnalisme Konvergensi, Berita dan Multimedia, serta Produksi Media dan TV.

Pasca pertemuan tersebut, kedua belah pihak akan melakukan kontak lebih lanjut demi tercapainya kerjasama yang diharapkan. Beberapa poin kerjasama yang diharapkan tercipta dari pertemuan ini adalah adanya pertukaran mahasiswa antara kedua, visiting professor, serta joint research antara kedua belah pihak.

Artikel Lainnya:  Misa Sivitas Akademika Universitas Indonesia di FISIP UI

Pertemuan ini dihadiri oleh Dekan FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc., Executive Director of the U.S.-Indonesia Joint Council on Higher Education Partnership, Bernard A. Burrola, Manajer Kerjasama, Ventura dan Hubungan Alumni, Jona Widhagdo Putri, B.A., M.A., Kepala UPMA dan Drs. Awang Ruswandi, M.Si., serta Kepala Program Sarjana Kelas Khusus Internasional, Dr. Hendriyani, S.Sos., M.Si.