Pilih Laman

Departemen Ilmu Politik menyelenggarakan seminar nasional refleksi 20 tahun reformasi. Bekerja sama dengan Consortium for Indonesian Political Research, seminar nasional ini diselenggarakan pada senin (14/05), bertempat di Auditorium Juwono Sudarsono. Pembicara yang hadir yakni Daniel Dhakidae, Ph.D., Dr. Valina Singka Subekti, M.Si., dan Dra. Nuri Soeseno.

Daniel Dhakidae memaparkan refleksi atas perubahan dan keberlanjutan sistem politik: elit politik dan tantangan oligarki. Apabila sorotan Daniel adalah sistem politik, maka Valina mengambil bagian untuk memaparkan kelembagaan politik formal, dilihat dari refleksi perubahan dan keberlanjutannya. Sementara, paparan Nuri Soesono lebih berfokus pada tantangan politik identitas dan masa depan politik kewargaan di Indonesia.

Setelah seminar nasional, acara dilanjutkan dengan diskusi panel yang terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama diisi oleh 5 panelis dengan masing masing judul karya ilmiahnya, yakni Faishal Aminuddin (Pemilu di Zaman Demokrasi 1999-2017), Lusi Andriyani dan Ali Noerzaman (Militerisasi Sipil: Studi Kasus FPI dan Forkabi), Aditya Batara (Reformasi TNI dan Kontrol Sipil atas Militer Pasca Reformasi), Wahyu Prasetyawan (Kesenjangan dan Demokrasi di Indonesia: Pengalaman masa Reformasi), Syahrul Hidayat (Partai Politik di Indonesia Masa Reformasi). Sementara, 5 panelis yang mengisi sesi diskusi panel selanjutnya adalah M. Fajar Shodiq Ramadlan (Gerakan Buruh di Indonesia Pasca Reformasi: Perubahan Mendasar dan Tantangan pada Perubahan Struktural), Panji Anugrah Permana (Konsensus Elit, Stabilitas Politik, dan Stagnasi Demokrasi), M. Tri Andika (Peran Politik Luar Negeri Indonesia dalam Pembangunan Nasional Paca Reformasi), Juwita Hayuning Prastiwi dan Tri Hendra Wahyudi (Menakar Ketercapaian Politik Perempuan Pasca Reformasi), serta Wijayanto dan Nurul Hasfi (Kebebasan Pers dalam Ancaman setelah Dua Dekade Reformasi Politik).

Artikel Lainnya:  Kasus George Floyd Jangan Sampai Terjadi di Indonesia

Dekan FISIP UI, Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc., dan Ketua Departemen Ilmu Politik FISIP UI, Julian Aldrin Pasha, hadir untuk membuka seminar nasional ini.