Pilih Laman

Departemen Ilmu Politik FISIP UI mengadakan kuliah umum bertema aktivisme masyarakat sipil di Asia Tenggara. Dalam kuliah umum yang diadakan pada Kamis (17/3/2016), di Auditorium Gedung Komunikasi, Prof. Anders Uhlin mempresentasikan kuliah dengan judul ‘Civil Society Activism in Southeast Asia: Democratizing Regional Governance?’

Prof. Anders Uhlin adalah profesor dari Departemen Ilmu Politik di Lund University, Swedia. Riset utama yang ia lakukan adalah di bidang demokratisasi, pembangunan masyarakat sipil dalam negara otoriter dan post-otoriter, aktivisme transnasional serta pemerintahan global dan regional.

Pada kuliah umum, Prof. Anders Uhlin berfokus pada hubungan transnasional masyarakat sipil di Asia Tenggara. Selain itu, ia juga membahas mengenai kontribusi aktor-aktor masyarakat sipil kepada liberalisasi politik dalam organisasi internasional. Salah satu kunci dalam pertanyaan risetnya adalah mengkaji soal apa efek strategi advokasi yang digunakan oleh aktivis masyarakat sipil Asia Tenggara.

Artikel Lainnya:  FISIP UI Gelar Acara Buka Puasa Bersama

Dalam penelitiannya tersebut, Prof. Anders Uhlin menemukan bahwa terjadi peningkatan kesempatan politik secara dramatis sejak tahun 1990-an. Peningkatan tersebut berujung pada meningkatnya advokasi masyarakat sipil dalam menggunakan hak politiknya untuk memengaruhi kebijakan publik. Selain itu, reformasi politik sejak 1990-an membuat bank-bank menjadi semakin transparan dan akuntabel kepada orang-orang yang terdampak dari proyek-proyek pembangunan.

Sebagai peneliti, Prof. Anders Uhlin telah melakukan penelitian mendalam pada bidang aktivisme masyarakat sipil di Asia Tenggara. Penelitiannya kemudian diterbitkan dalam sebuah buku berjudul Indonesia and the “Third Wave” of Democratization: The Indonesian Pro-Democracy Movement in a Changing World, (Curton Press 1997). Buku tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Oposisi Bergerak: Arus Deras Demokratisasi Gelombang Ketiga di Indonesia, (Mizan 1998).

Artikel Lainnya:  “Satu Rumah, Satu FISIP”

FISIP UI sendiri secara rutin menggelar kuliah umum dengan dosen tamu dari luar negeri. Kegiatan interaksi antar akademisi dari seluruh dunia menjadi salah satu cara dalam meningkatkan mutu akademis mahasiswa dan dosen di FISIP UI.