Pilih Laman

Isu ketahanan energi menjadi isu yang hangat diperbincangkan saat ini. Ketahanan energi berhubungan dengan mengamankan energi masa depan suatu bangsa dengan cara mendapatkan sumber daya energi yang stabil dan berkecukupan dengan harga terjangkau. Problem mengenai masalah ketahanan energi nasional haruslah dipecahkan untuk mencegah kegagalan yang berisiko membahayakan masa depan energi kita untuk jangka waktu yang lama.

Isu tersebut kemudian juga menjadi bahasan dalam disertasi yang dibuat oleh Rustam yang berjudul Dinamika Sistem Ketahanan Energi Nasional di Indonesia. Dalam disertasinya, Rustam berangkat dari masalah bahwa saat ini Sistem Ketahanan Energi Nasional masihlah carut marut. Hal itu disebabkan oleh adanya pengaruh lingkungan strategis yang berasala dari lokal, nasional, regional maupun internasional. Oleh karena itu, menurut Rustam, perlu ada sebuah model geostrategi tentang perencanaan energi yang “komprehensif dan interdisiplin”.

Artikel Lainnya:  Analisis Daya Saing, Tata Kelola, Dan Startegi Pengembangan Industri Pakaian Indonesia

Maka dari itu, disertasi Rustam berusaha mencapai beberapa tujuan. Tujuan pertama ialah untuk menganalisis faktor-faktor keuletan dan ketangguhan dalam dinamika sistem kebijakan ketahanan energi Indonesia, menganalisis tingkat pentingnya faktor-faktor keuletan dan ketangguhan terhadap Indikator Strategis output SKEN, serta menganalisis prioritas rencana strategis integrasi perencanaan jaringan energi ASEAN dalam pengembangan sistem ketahanan energi di Indonesia.

Melalui disertasi ini, Rustam mengatakan dapat membawa manfaat terutama dari aspek praktikal. Model Sistem Ketahanan Energi Nasional yang terdapat dalam disertasi ini dapat menjadi model aplikatif interdisiplin bagi para praktisi pengambilan kebijakan khususnya dalam perencanaan pembangunan dan kebijakan pengembangan Ketahanan Nasional suatu negara di bidang energi.

Artikel Lainnya:  Kunjungan Thammasat University Thailand

Dalam sidang doktor tersebut, penguji memberi masukan bahwasanya lebih tepat apabila disertasi calon doktor diberikan judul Dinamika Sistem Ketahanan Tata Kelola Energi Nasional di Indonesia. Hal tersebut karena disertasi itu terdapat dalam program doktoral di Departemen Ilmu Administrasi, sehingga lebih tepat apabila dikaitkan kepada tata kelola energi.

Disertasi Rustam diujikan di hadapan segenap Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc,  Dr. Roy Valiant Salomo, M.Soc. Sc, Prof. Dr. Irfan Ridwan Maksum, M.Si, Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si, M.M,Prof. Dr. Amy S. Rahayu, M.Si, Prof. Dr. Eko Prasojo, Mag. Rer. Publ., Dr. Andreo Wahyudi Atmoko M.Si, Dr. Mustangimah, M.Si, Dr. Dewi Aryani, M.Si.

Artikel Lainnya:  FISIP UI Terima Kunjungan Mahasiswa Meiji University dalam Program UI-CREATES