Pilih Laman

Disertasi dari Dr. Audia Junita di latar belakangi oleh fungsinya perbankan umum di Indonesia dihadapkan pada tantangan yang kompleks dan dinamis dari waktu ke waktu baik bersumber dari eksternal maupun internal. Berbagai perubahan aturan dan kebijakan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas manajemen, kinerja serta upaya mendapatkan kepercayaan masyarakat melalui kompetensi yang sehat.

Munculnya era ekonomi berbasis pengetahuan dan revolusi industri tahap ke-4 yang mendesak perbankan untuk mampu mengelola dan memanfaatkan pengetahuan dan mengubah model bisnisnya berbasis teknologi digital untuk melengkapi pelayanan konvensional yang mengandalkan tatap muka secara fisik dengan nasabah dalam memberikan pelayanan.

Berbagi tekanan internal maupun eksternal tersebut menjadi tantangan bagi industri perbankan untuk secara internal mampu mengidentifikasi strategi kompetitif yang tepat untuk meningkatkan kinerja sekaligus mendapatkan keunggulan kompetitif berkelanjutan. Strategi ekspansi masih menjadi pilihan strategi yang cukup efektif bagi bank umum di Indonesia untuk bersaing memperluas pangsa pasar di industri perbankan.

Artikel Lainnya:  Visitasi AUN-QA Program Sarjana Kriminologi FISIP UI

Dengan judul disertasi “Dinamika Sistem Sumber Daya Manusia Stratejik di Kantor Cabang PT Bank Rakyat Indonesia Kantor Wilayah Medan” fokus penelitian ini pada perspektif pengelolaan sumber daya manusia stratejik di kantor cabang bank, khususnya PT BRI kantor wilayah Medan. Perbankan sebagai organisasi bisnis yang memberikan jasa keuangan bertopang pada aset manusia dalam menjalankan kegiatan oprasional dengan karakteristik modal sosial dan pengetahuan yang dimilikinya.

Untuk itu dibutuhkan sistem pengelolaan human capital yang tepat dan bernilai stratejik yang selama ini terbatas dilakukan dengan pendekatan linier. Karenanya tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dinamika interaksi sistem sumber daya manusia stratejik di kantor cabang PT BRI kantor wilayah Medan, menemukan faktor leverage serta usulan alternatif strategi yang dapat membuat sistem bekerja lebih optimal.

Artikel Lainnya:  Peresmian Ruang Cendekia Multiguna Jakob Oetama

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa subsistem dalam sistem sumber daya manusia stratejik di kantor cabang PT BRI kantor wilayah Medan yang terdiri dari strategi organisasi, sistem sumber daya manusia berorientasi komitmen, perilaku peran dan kinerja organisasi berinteraksi secara kompleks, dinamis dan non linear dengan pola perilaku penguatan yaitu sistem umpan balik positif.

Sistem sumber daya manusia berorientasi komitmen merupakan leverage dalam sistem sumber daya manusia stratejik di kantor cabang PT BRI kantor wilayah Medan.Upaya memperbarui sistem sumber daya manusia berorientasi komitmen secara berkelanjutan dan meningkatkan kinerja organisasi merupakan alternatif strategi yang mampu membuat sistem sumber daya manusia stratejik di kantor cabang PT BRI kantor wilayah Medan bekerja lebih optimal.

Artikel Lainnya:  Peta Kekuatan Kursi Partai Politik Hasil Pemilu Serentak 2019