Select Page

Dr. Meuthia Ganie-Rochman adalah salah satu penerima penghargaan Cendekiawan Berdedikasi KOMPAS 2022. Merupakan ahli sosiolog organisasi dan sosiologi pembangunan yang  kesehariannya dihabiskan mengabdi sebagai pengajar di Departemen Sosiologi FISIP UI. Penghargaan Cendekiawan Berdedikasi KOMPAS adalah anugerah yang ditunjukkan untuk para ilmuwan yang bernas, taktis dan melayani kepentingan masyarakat luas lewat kepakaran mereka.

Tahun 2022 ini, ada sosok sosiolog, Dr. Meuthia Ganie-Rochman. Meuthia memiliki ketertarikan terhadap isu korupsi. Menurutnya, korupsi tidak hanya soal pemberantasan, tetapi bagaimana tindakan itu bisa dicegah sedini mungkin. Sepak terjangnya di dunia sosiologi menempatkan Meuthia sebagai panitias seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019. Dia juga kembali terpilih sebagai panelis uji publik pimpinan KPK periode 2019-2023.

Di usianya kini yang telah menginjak 61 tahun, Meuthia akan fokus melakukan riset perubahan institusional dan organisasional dalam masyarakat digital serta mengembangkan pendekatan baru untuk penguatan masyarakat pasca pandemi. Meuthia menyoroti timbulnya kekuatan sentrifugal dalam masyarakat dari dampak perkembangan penggunaan internet, lebih-lebih di media sosial.

“Artinya, masyarakat terlalu sibuk mencari informasi berbagai hal yang begitu banyak, tetapi tidak tahu bagaimana merekonstruksinya untuk memecahkan masalah yang relevan untuk kehidupannya,” ujarnya dikutip dari Harian Kompas.

Lebih lanjut ia mengatakan, “kita perlu berhenti sejenak. Bukan teknologinya, tetapi secara serius, mendalam, dan sistematis, bukan diwacanakan secara sembarangan agar populer.Bagaimana mengendalikan teknologi informasi agar akuntabel bagi kesejahteraan masyarakat luas dan tidak menimbulkan ketimpangan baru.”

Disunting dari:  https://www.kompas.tv/article/304022/sosok-meuthia-ganie-rochman-sosiolog-ui-penerima-penghargaan-cendekiawan-berdedikasi-kompas-2022?page=3