Pilih Laman

Senin (13/3/2017) FISIP Universitas Indonesia didaulat menjadi tuan rumah penyelenggara Asia Europe Meeting (ASEM Day) 2017 yang terselenggara atas kerja sama Departemen Hubungan Internasional FISIP UI dengan Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Kegiatan ini dilatarbelakangi semangat peringatan dan sosialisasi peningkatan kesadaran publik terkait forum Asia Europe Meeting (ASEM) sebagai mandat yang diberikan dalam ASEM Summit ke-11 pada 2016 serta sebagai bentuk sosialisasi Kementerian Luar Negeri RI terkait kebijakan-kebijakan luar negeri Indonesia kepada publik. Acara ini dibuka dengan sambutan dari Dekan FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc.

ASEM merupakan forum antara negara-negara di Asia dan Eropa yang mewadahi sebuah inisiatif dialog dan kerja sama antar benua. ASEM Day 2017 ini mengusung topik Promoting the Role of ASEM in Connecting the Youth of Asia and Europe (Promosi Peran ASEM dalam Menjembatani Pemuda Asia dan Eropa), dengan tujuan untuk mempromosikan program-program ASEM terkait pemberdayaan kapasitas dan pencapaian bagi pemuda Indonesia serta menjadi ajang jalinan komunikasi antar pemuda terkait kolaborasi dengan program-program tersebut.

ASEM Day 2017 dihadiri oleh perwakilan 14 Negara antara lain, Malaysia, Spanyol, Filipina, Irlandia, China, Portugal, Rusia, Polandia, Republik Ceko, Vietnam, India, Pakistan, Italia, dan Singapura. Negara-negara ini berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan talk show, pameran, dan pertunjukan seni. Pada kegiatan pameran, para anggota negara ASEM Day 2017 menyajikan informasi seputar pendidikan dan kebudayaan. Sesi pentas seni diisi oleh perwakilan Negara Russia dan India yang menampilkan tarian dan nyanyian khas negaranya.

Artikel Lainnya:  Sosialisasi Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia untuk jenjang Program Pascasarjana

Direktur Amerika Selatan dan Karibia (Amselkar) Kemenlu Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Azerbaijan, Prayono Atiyanto, menekankan pentingnya peran generasi muda untuk terlibat dalam tatanan dunia global melalui Asia-Europe Meeting. “ASEM berpotensi untuk menghadapi tantangan ekonomi dan anak muda bisa berperan untuk terlibat mentransformasi dan memperluas ekonomi kita,” ujar Prayono dalam pidatonya.

Sesi talk show dengan topik  “Hubungan Kawasan Asia-Eropa” mengundang panelis dari Kementerian Luar Negeri RI, akademisi, dan perwakilan dari kedutaan-kedutaan besar negara ASEM. Para pembicara tersebut antara lain, Dewi Gustina Tobing (Direktur Kerja Sama Intra Kawasan dan Antar Kawasan Amerika dan Eropa), Duta Besar Karsten Warnecke (Direktur Eksekutif Asia-Europe Foundation), Duta Besar Vincent Guerend (Kepala Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam), Evi Fitriani (Kepala Miriam Budiardjo Resource Center FISIP UI), Edy Prasetyono (Dosen Senior FISIP UI), serta Purwani Diyah Prabandari (Perwakilan Indonesia di ASEF Journalist Colloquium 2015 dan Jurnalis Tempo Media Indonesia).