FISIP UI Adakan Turnamen Bulu Tangkis untuk Pelajar dan Mahasiswa

Depok, 23 Oktober 2023 – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) akan mengadakan Turnamen Bulu Tangkis FISIP UI OPEN 2023. Turnamen yang akan dilaksanakan pada 21-26 November 2023 di Balairung Universitas Indonesia merupakan wujud pengabdian FISIP UI dalam memajukan olah raga bulu tangkis di tanah air. Turnamen yang diselenggarakan oleh FISIP UI untuk ke-7 kalinya ini terbuka bagi pelajar dan mahasiswa perguruan tinggi seluruh Indonesia.

FISIP UI OPEN 2023 diselenggarakan dengan tujuan utama untuk memperkuat peran olah raga dalam lingkungan akademik. Kegiatan ini menjadi penting dalam meneguhkan posisi olah raga untuk menunjang perkembangan akademik.

Seiring dengan tuntutan untuk belajar yang semakin kompetitif, para pelajar dan mahasiswa perlu memiliki wadah untuk melepaskan stres dan menjaga keseimbangan hidup. Bulu tangkis sebagai cabang olah raga yang populer namun membutuhkan keterampilan dan kebugaran fisik, menjadi sarana yang ideal untuk mencapai tujuan tersebut.

“Kampus dan olah raga sudah semestinya menjadi satu kesatuan, seorang atlet haruslah pintar dan analitik, sementara mahasiswa harus sehat secara jasmani dan rohani. Dengan olah raga, diharapkan dapat mewujudkan keseimbangan jasmani dan rohani. Itu sebabnya di Universitas Indonesia, panji-panji seni, ilmu dan olah raga berkibar tinggi,” ujar Dekan FISIP UI Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto.

Tak kalah penting, penyelenggaraan turnamen ini akan menambah ragam kompetisi olah raga bulu tangkis di tanah air. Sehingga menambah kesempatan bagi para pelajar mengasah bakatnya untuk menjadi atlet bulu tangkis. Selain itu juga dapat menjadi ajang pencarian bakat atlet-atlet bulu tangkis yang potensial.

Ketua Umum PBSI Dr. Agung Firman Sampurna, S.E., M.A.P. mengatakan, “Bertanding dan belajar memiliki esensi yang sama, yaitu meningkatkan kemampuan beradaptasi. Turnamen semacam ini diharapkan dapat menambah dan mengasah pengalaman bertanding bagi pelajar dan mahasiswa yang ingin menjadi atlet bulu tangkis atau yang menggemari olah raga bulu tangkis. Bahkan, bukan tidak mungkin dalam ajang ini ditemukan atlet-atlet berbakat baru yang kelak akan mengharumkan nama bangsa. Karenanya, kami sangat mendukung penyelenggaraan FISIP UI OPEN ini.”

Ketua Panitia Pelaksana FISIP UI OPEN 2023, Ravinoldy Boer memastikan penyelenggaraan turnamen akan dilakukan dengan standar yang telah ditetapkan oleh PBSI. “Panitia mempersiapkan kelancaran turnamen ini dengan sangat serius. Salah satunya mengantisipasi masuknya angin liar ke dalam Balairung yang berpotensi mengacaukan arah shuttlecock dan dapat mengganggu permainan. Kami akan memastikan hal itu tidak terjadi di FISIP OPEN 2023,” ujar Ravinoldy Boer.

Balairung UI dipilih menjadi tempat pertandingan FISIP UI OPEN 2023 karena memiliki nilai simbolis dan penting dalam sejarah UI serta sering digunakan untuk berbagai acara dan kegiatan universitas, termasuk kegiatan wisuda para lulusan Universitas Indonesia setiap tahunnya.

Pendaftaran FISIP UI OPEN 2023 masih berlangsung hingga 15 November 2023. Total hadiah yang diperebutkan mencapai 180 juta rupiah. Pada penyelenggaraan tahun ini, ada beberapa nomor pertandingan, yaitu (1) Perorangan tunggal putra/putri pelajar U-11, U-13, U-15. U-17 dan U-19; (2) Beregu putra tingkat SMA; (3) Beregu putra tingkat Perguruan Tinggi. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui link yang dicantumkan pada akun Instagram @fisipuiopen.

Related Posts

Hubungi Kami

Kampus UI Depok
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia
Jl. Prof. Dr. Selo Soemardjan, Depok, Jawa Barat 16424 Indonesia
E-mail: fisip@ui.ac.id
Tel.: (+62-21) 7270 006
Fax.: (+62-21) 7872 820
Kampus UI Salemba
Gedung IASTH Lt. 6, Universitas Indonesia
Jl. Salemba Raya 4, Jakarta 10430 Indonesia

E-mail: fisip@ui.ac.id
Tel.: (+62-21) 315 6941, 390 4722

Waktu Layanan

Administrasi dan Fasilitas
Hari : Senin- Jumat
Waktu : 08:30 - 16:00 WIB (UTC+7)
Istirahat : 12.00 - 13.00 WIB (UTC+7)

Catatan:
*) Layanan tutup pada hari libur nasional, cuti bersama, atau bila terdapat kegiatan internal.
Skip to content