Pilih Laman

Demi meningkatkan keikutsertaan serta kualitas proposal, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP UI mengadakan sosialisasi sekaligus lokakarya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Auditorium Juwono Sudarsono. Kegiatan yang diselenggarakan pada Kamis (22/9/2016) disampaikan kepada mahasiswa oleh Pribadi Setiyanto, S.E., M.A. selaku salah satu evaluator program Monitoring and Evaluation (Monev) dalam Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) serta Raden Diky Darmawan selaku Koordinator Bidang Keilmuan & Kemahasiswaan BEM FISIP UI.

Sosialisasi ini dimulai oleh Pribadi Setiyanto dengan memberi pemahaman mengenai apa itu PKM. Ia menjelaskan bahwa karya PKM bersifat ilmiah yaitu berdasar pada ilmu, ada rujukan, didukung data, rasional, tidak emosional, serta kritis, rendah hati, jujur, dan terbuka. Ia juga menambahkan bahwa ide proposal PKM dapat berupa ide baru/segar: sama sekali baru, modifikasi yang ada, atau bisa juga cara baru yang lebih efektif/efisien. Secar praktis, ia menekankan bahwa hasil penelitian tersebut sebaiknya dapat dilaksanakan, ada manfaat, dan sangat dibutuhkan. Selain menjelaskan mengenai apa itu PKM, Pribadi memberikan beberapa tip yang berguna dalam menyusun proposal PKM. Pertama, mahasiswa dapat melakukan proses brainstroming untuk mencari ide dan merencanakan material yang bisa dikembangkan.

Artikel Lainnya:  Kajian CSR dan Praktiknya

Raden Diky Dermawan lantas melanjutkan acara dengan mempresentasikan paparannya. Dalam presentasinya, ia memaparkan mitos-mitos seputar PKM yang banyak beredar. Diky menyampaikan bahwa mitos-mitos tersebut jangan menjadi hambatan bagi mahasiswa karena sebenarnya PKM memiliki manfaat yang besar. Lebih lanjut lagi, ia menekankan bahwa program yang digagas oleh mahasiswa secara kreatif dan kritis untuk menyelesaikan permasalahan dan membangun masyarakat dengan potensi penalaran.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah kegiatan yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kegiatan ini bertujuan memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Awalnya, program ini dinamakan Program Karya Alternatif Mahasiswa yang mulai diselenggarakan pada 1997. Pada 2001, kegiatan tersebut berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi. Finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Nasional atau Pimnas.

Artikel Lainnya:  Menuju Pembangunan Kesejahteraan Sosial Indonesia Lebih Baik

Penyusunan proposal PKM cenderung menjadi aktivitas mahasiswa di awal tahun ajaran karena tenggat waktu pengumpulan proposal ke Dikti biasanya ditetapkan pada semester ganjil. Kegiatan lokakarya ini menjadi salah satu cara bagi mahasiswa FISIP UI untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap PKM sehingga dapat meningkatka keikutsertaan dalam ajang Pimnas.