Pilih Laman

Demi mengembangkan keilmuan, kompetensi, dan pengabdian masyarakat, Departemen Kesejahteraan Sosial dan Hubungan Internasional bekerja sama untuk membangun Laboratorium Terintegrasi di FISIP UI. Laboratorium yang terletak di selasar antara Gedung Komunikasi dan Gedung Nusantara 2 ini diresmikan oleh Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis M. Met serta Dekan FISIP UI Dr. Arie Setiabudi Soesilo M.Sc pada Jumat, 14 Oktober 2016.

Guru Besar Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UI Prof. Dr. Bambang Shergi Laksmono, M.Sc mengatakan bahwa Laboratorium Terintegrasi Pembangunan FISIP UI adalah sebuah ruang dan sarana belajar untuk menghadirkan simulasi model analisis dan intervensi dari beragam tema strategis kebangsaan Indonesia. Analisis tersebut berbasis prinsip integrasi keilmuan, perencanaan dan kontribusi pada sektor operasional.

Artikel Lainnya:  3 Mahasiswa FISIP yang Tergabung di Vocademia UI Juara Vocal Group di Spanyol

Dalam paparan-nya, ia mengatakan laboratorium ini menggunakan empat pilar yaitu paradigma Indonesia, integrasi ilmu pengetahuan, perencanaan strategis, serta sarana belajar efektif-inovatif. Lewat empat pilar tersebut, laboratorium ini ingin berfokus pada nilai, pengorganisasian dan pemahaman tentang kompleksitas Pembangunan dan Masalah Kemanusiaan di Indonesia.

Adapun konteks dan keluaran yang ingin dihasilkan, menurut Bambang Shergi, adalah adanya pengembangan secara profesional, pengayaan metode pengajaran di kelas, riset, program pengabdian masyarakat dan sumbangsih terhadap kajian strategis nasional. Mahasiswa juga diharapkan dapat membangun simulasi konsep holistik yang mencakup elemen kebijakan, manajemen dan sistematika kegiatan intervensi sosial secara padu dan lintas disiplin.

Pembangunan laboratorium ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar lintas disiplin berbasis wawasan produktivitas, daya saing dan kekuatan modal sosial nasional. Selain itu, laboratorium ini akan mengintegrasikan pengamatan pemikiran strategis bagi perumusan pembangunan nasional yang inklusif, berkeadilan dan berkelanjutan.

Artikel Lainnya:  Humas FISIP UI Raih Penghargaan Apresiasi Karya Kehumasan UI 2016