FISIP UI Bangun Toilet Untuk Penyandang Disabilitas

Untuk memenuhi kebutuhan penyandang disabilitas, FISIP UI membangun toilet khusus. Toilet tersebut dibangun di lantai satu Gedung F FISIP UI. Toilet khusus yang dibangun mulai November 2015 ini rampung pengerjaannya pada Januari 2016.

Oki Setiadi Hidayat A.Md.M.I.D., selaku Kepala K3L FISIP UI mengatakan bahwa toilet tersebut disesuaikan dengan standar yang ditentukan oleh pemerintah. Standar tersebut antara lain menyangkut ketinggian dudukan kloset, ketinggian wastafel, hingga adanya terali untuk tumpuan ketika berpindah tempat.

Mengenai penggunaannya, toilet ini memang tidak dibuka untuk umum. Namun, mahasiswa penyandang disabilitas yang ingin menggunakannya dapat meminjam kunci toilet ke Ruang Kesehatan di Gedung F lantai satu, kata Oki.

Alfian Dwi Kurniawan, Koordinator Bidang Advokasi Sosial Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi, mengaku senang dengan adanya toilet difabel di FISIP UI. Mahasiswa Ilmu Komunikasi semester enam ini mengatakan bahwa toilet tersebut bermanfaat bagi penyandang disabilitas dan menunjukan niat bahwa FISIP berupaya menjadi kampus yang inklusif.

Toilet khusus bagi kaum difabel adalah salah satu bentuk kepedulian terhadap mereka yang memiliki keterbatasan dari segi fisik. “Adanya toilet khusus difabel ini bukan sebagai bentuk diskriminasi, melainkan merupakan pelayanan di FISIP supaya sivitas akademika di FISIP UI, baik yang difabel atau tidak, mendapat pelayanan yang sama,” kata Oki.

Related Posts

Hubungi Kami

Kampus UI Depok
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia
Jl. Prof. Dr. Selo Soemardjan, Depok, Jawa Barat 16424 Indonesia
E-mail: fisip@ui.ac.id
Tel.: (+62-21) 7270 006
Fax.: (+62-21) 7872 820
Kampus UI Salemba
Gedung IASTH Lt. 6, Universitas Indonesia
Jl. Salemba Raya 4, Jakarta 10430 Indonesia

E-mail: fisip@ui.ac.id
Tel.: (+62-21) 315 6941, 390 4722

Waktu Layanan

Administrasi dan Fasilitas
Hari : Senin- Jumat
Waktu : 08:30 - 16:00 WIB (UTC+7)
Istirahat : 12.00 - 13.00 WIB (UTC+7)

Catatan:
*) Layanan tutup pada hari libur nasional, cuti bersama, atau bila terdapat kegiatan internal.
Skip to content