Pilih Laman

FISIP UI bekerjasama dengan TNI menggelar seminar bertema Bela Negara . Acara yang bertempat di Auditorium Komunikasi pada Rabu (26/07) ini dibuka langsung oleh Dekan FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc.

Hadir sebagai pembicara, Kabadiklat Kemhan RI, Mayjen Hartind Asrin, SE.,M.I.Kom menyampaikan paparan tentang revitalisasi ketahanan nasional melalui bela negara. Bela negara didefinisikan sebagai sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaannya kepada NKRI. Tujuan dari diadakannya kerjasama diklat bela negara adalah untuk mewujudkan generasi sadar bela negara guna membentuk sishanta, atau sistem pertahanan semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya. Menurutnya, generasi sadar bela negara dapat dicapai melalui revolusi mental yang berorientasi pada nawa cita. Mayjen Hartind menyampaikan harapannya kepada mahasiswa untuk selalu menjaga kedisiplinan dan tanggung jawab dalam membimbing mahasiswa baru memasuki dunia perkuliahan. Senada dengan hal tersebut, Dekan FISIP UI juga berpesan kepada para mentor untuk mengenalkan para mahasiswa baru pada kebiasaan-kebiasaan baik yang dilakukan sehari-sehari di kampus, baik yang bersifat tradisi ataupun yang dibangun di aturan lembaga.

Artikel Lainnya:  Dinamika Identitas Etnis Tionghoa-Indonesia dalam Film Nasional

“Dalam menasehati kekeliruan harus selalu dalam porsi yang proporsional. Selalu tempatkan mahasiswa baru sebagai manusia, bukan semata-mata menjadi objek,” pungkas Dekan FISIP UI mengakhiri sambutannya kala itu.