Pilih Laman

UI Greenmetric mengadakan roadshow fakultas untuk sosialisasi Greenmetric dan pengisian kuesioner. Selasa (25/07), FISIP UI menerima kedatangan UI Greenmetric di ruang serbaguna F.202 dan disambut langsung oleh Dekan FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc. Dalam sambutannya, Dekan FISIP UI menyampaikan sekilas tentang rencana pembenahan dan pembangunan fasilitas FISIP UI seperti perombakan kantin, pembangunan Balai Serbaguna Purnomo Prawiro, dan pembangunan Taman Tunas Bangsa dan dukungannya untuk bersama-sama mewujudkan UI Green Campus.

Dalam kesempatan ini, Tim UI Greenmetric menyampaikan tiga tujuan UI Greenmetric antara lain untuk mendorong pimpinan Universitas dalam melakukan perubahan sosial berdasar pada sustainability, menyediakan hasil survei online terkait kondisi terkini dan kebijakan Kampus Hijau, serta melibatkan semua pemangku kepentingan untuk mengubah kebiasaan demi menjaga lingkungan yang berkelanjutan.  FISIP, sebagai salah satu fakultas yang ada di Universitas Indonesia menyatakan kesiapannya untuk bekerjasama dan berbenah diri demi terwujudnya kampus hijau di lingkungan FISIP. Kriteria dan indikator UI Greenmetric memiliki enam sub yakni pengaturan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, limbah, air, transportasi dan edukasi. FISIP akan berbenah dimulai dari pengurangan emisi gas rumah kaca, pengurangan penggunaan kertas dan plastik, pertimbangan jenis lahan parkir di fakultas, dan pembaruan website tentang sustainability yang memberikan informasi capaian riset berkaitan dengan lingkungan dan sustainability dalam suatu kurun waktu.

Artikel Lainnya:  Gerakan Lokal Muhammadiyah di Kawasan Post-Suburban Depok

Universitas Indonesia menempati urutan 32 dalam peringkat global UI Greenmetric dan urutan pertama dalam peringkat nasional UI Greenmetric. FISIP sendiri menempati urutan ke-6 dalam peringkat Fakultas UI Greenmetric tahun 2016.