Select Page

Universitas Indonesia (UI) membuka kesempatan bergabung sebagai mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023, lewat beberapa jalur meliputi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Masuk (SIMAK) UI, Talent Scouting, serta Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB).

kegiatan tersebut dengan memberikan penjelasan kepada calon mahasiswa dengan tujuan agar dapat mendapat informasi yang utuh mengenai FISIP UI dan juga mengenai komposisi daya tampung program studi pada tahun 2022.

FISIP UI pun ikut serta dalam “UI Virtual SBMPTN Info Days 2022” yang diadakan pada 25–26 Maret lalu ini menjadi ruang untuk menyampaikan informasi terbaru seputar pelaksanaan seleksi masuk PTN, baik yang diselenggarakan secara terpusat oleh LTMPT maupun yang diselenggarakan UI. Para peserta webinar dapat berkunjung ke virtual booth pada hari kedua kegiatan ini untuk bertanya kepada narasumber tepercaya demi mendapatkan informasi terkini tentang UI. Kegiatan sosialisasi ini menjadi ikhtiar UI untuk menyediakan akses pendidikan yang inklusif, luas, dan merata.

Materi yang diujikan dalam UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS), Bahasa Inggris, dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Berbeda dengan tahun sebelumnya, Bahasa Inggris diujikan terpisah karena kemampuan tersebut dibutuhkan saat pembelajaran di universitas. Kelompok ujian UTBK meliputi saintek (sains dan teknologi), soshum (sosial dan humaniora), serta campuran. Tes saintek dan soshum diadakan selama 195 menit, sedangkan campuran 285 menit.

Untuk mendaftar UTBK, peserta wajib memiliki akun LTMPT. Hasil UTBK selanjutnya digunakan peserta untuk mengikuti SBMPTN. Peserta diperbolehkan memilih 2 program studi pada 1 PTN atau 1 program studi pada 2 PTN. Tidak ada batasan pemilihan program studi selama sesuai dengan bidang keilmuan. Peserta yang memilih program studi Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio.

 

Sumber: Siaran Pers Universitas Indonesia, 5 April 2022