Pilih Laman

Gelaran kompetisi keilmuan terbesar Olimpiade Ilmiah Mahasiswa (OIM) di Universitas Indonesia telah selesai dengan ditutup oleh kegiatan closing ceremony yang dilaksanakan di Balai Tirta Balairung UI (16/10). Kompetisi yang berlangsung selama 2 pekan tersebut diikuti oleh seluruh Fakultas dan Program Vokasi yang tersebar di 14 mata lomba. Pada kegiatan tersebut, diumumkan bahwa FISIP UI keluar sebagai juara umum pada hajatan tahunan tersebut. Kontingen dari FISIP UI berhasil menyabet 3 emas dari mata lomba Poster, PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI), dan Debat Bahasa Indonesia, 1 perak dari mata lomba PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT), dan 2 perunggu dari mata lomba PKM Penerapan Teknologi (PKM-T) dan Esai. Sedangkan Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) masing-masing menempati peringkat ke-2 dan ke-3.

Persiapan kontingen OIM UI dapat dikatakan berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, pemilihan kontingen dari seluruh mata lomba dilakukan melalui mekanisme seleksi terbuka. Setelah kontingen terpilih, selama 6 bulan para kontingen akan digodok dan dilatih secara intensif oleh tim pelatih yang terdiri dari dosen dan mahasiswa. Proses seleksi, pelatihan, serta pelaksanaan lomba disiapkan secara matang oleh Departemen Keilmuan BEM FISIP UI. Selain persiapan, euforia OIM tahun ini sangat terasa dengan identitas #SATUFISIP. Hal demikian dituturkan oleh Faris Muhammad Hanif, Ketua BEM FISIP UI, “Tahun ini OIM-nya benar-benar terasa ramai. Yang bertarung bukan hanya kontingen, tapi setiap elemen FISIP turut bertarung dengan mendukung secara langsung. Pada akhirnya, yang keren dari FISIP di OIM tahun ini adalah yang merasakan OIM bukan hanya orang-orang keilmuan yang setiap hari baca buku saja, tapi bahkan ada orang yang sama sekali tidak tertarik dengan dunia keilmuan”.

Artikel Lainnya:  Peluncuran Buku Iwan Tjitradjaja

Closing ceremony OIM UI 2015 ditutup secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan, Logistik dan Fasilitas UI, Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff, S.E., M.B.A. dan Direktur Kemahasiswaan UI, Dr. Arman Nefi, S.H., M.M. Turut hadir Wakil Manajer Bidang Khusus Kemahasiswaan FISIP UI Yogo Tri Hendiarto, S.Sos., M.Si

Wakil Manajer Bidang Khusus Kemahasiswaan FISIP UI Yogo Tri Hendiarto, S.Sos., M.Si berujar “Saya sangat mengapresiasi bahwa tahun ini FISIP UI kembali menjadi Juara Umum OIM UI. Hal ini membuktikan bahwa budaya keilmuan di kampus FISIP UI sudah sangat baik. FISIP UI tidak hanya jago dibidang olahraga dan seni saja, namun keilmuannya sudah sangat baik. Semoga hal demikian dapat terus ditingkatkan hingga level yang lebih tinggi, khususnya dalam bidang penulisan PKM”. (BEM FISIP UI)