Pilih Laman

Dalam upaya menunjang keselamatan di lingkungan kampus, FISIP UI memasang signage serta memperbaiki instalasi alat terminal air atau dinamakan fire hydrant.

Signage adalah petunjuk visual yang berisikan informasi tertentu. Di FISIP UI, signage tersebut dimanfaatkan untuk informasi mengenai Kesehatan, Keamanan, dan Keselamatan Lingkungan (K3L) yang dituangkan dalam bentuk poster yang kini telah disebar di semua gedung. Isi poster tersebut menginformasikan mengenai jalur evakuasi, struktur tanggap darurat, prosedur evakuasi, nomor-nomor penting serta petunjuk sanitasi.

Oki Setiadi Hidayat, Staf Unit K3L FISIP UI, mengatakan bahwa signage ini sebagai sarana informasi mengenai K3L kepada sivitas FISIP UI. “Tujuannya untuk memberitahu kepada masyarakat FISIP bahwa ada prosedur K3L. Jika ada kejadian darurat, signage ini memberi tahu bagaimana langkah yang harus dilakukan,” kata Oki.

Artikel Lainnya:  Department of Communication FISIP UI Held an International Conference about Post Truth Era

Dengan adanya signage ini mahasiswa, dosen maupun karyawan dapat tanggap apabila terjadi bencana dan mampu mengetahui prosedur dan langkah yang harus dilakukan sehingga dapat tetap aman dan selamat.

Salah satu fasilitas penunjang K3L lainnya adalah adanya fire hydrant. Fire hydrant adalah terminal air yang digunakan untuk membantu memadamkan api apabila terjadi kebakaran. Fasilitas ini wajib ada di ruang publik, termasuk gedung perkuliahan.

Di FISIP UI sendiri, menurut Oki, fire hydrant sudah ada sejak lama. Instalasi terminal air tersebut berada di gedung H dan gedung N. Namun untuk menjaga fungsi dan kualitasnya, fire hydrant tersebut diperbaiki tahun 2015. Untuk memenuhi standar K3L, Oki mengatakan bahwa ada syarat yang harus dipenuhi. “Harus ada air dan tekanannya. Jarak selang kurang lebih enam meter, dengan tekanan 8 bar,” kata Oki.

Artikel Lainnya:  Kuliah Umum: Y.M. Madam Liu Yandong, Wakil Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok

Secara keseluruhan, Oki mengatakan bahwa fasilitas keamanan untuk dalam gedung masih baik. Adanya alat pendeteksi asap dan api serta alarm kebakaran membuat FISIP lebih siaga dalam menghadapi apabila ada insiden yang berpotensi memicu kebakaran.

Peningkatan kualitas penunjang K3L adalah salah satu cara dalam menjamin kesehatan, keselamatan serta keamanan sivitas akademika di area kampus FISIP UI.