Select Page

Setelah dua tahun FISIP UI menggelar acara Halalbihalal secara hybrid yang sebelumnya diadakan secara virtual di kediaman masing-masing, tentunya acara ini diselenggarakan dengan protokol kesehatan di Taman Tunas Bangsa pada Selasa (17/05), acara ini dilaksanakan karena melihat angka positif Covid-19 yang sudah melandai di Indonesia. Halalbihalal ini rutin digelar setiap tahun usai ramadhan.

Halalbihalal tahun 2022 ini, menjadi acara Halalbihalal pertama bagi Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto. Acara ini juga di hadiri oleh para Pimpinan Fakultas, Senat Akademik Fakultas, para Dewan Guru Besar, para wakil dosen, para wakil tenaga kependidikan dan wakil mahasiswa.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto yang mewakili jajaran Eksekutif (Wakil Dekan, Manajer, Kepala Departemen), dilanjutkan dengan lantunan ayat suci Al Quran oleh Nurul Azizah mahasiswi dari Departemen Ilmu Komunikasi.

Dalam sambutannya, Prof. Semiarto mengatakan bahwa merajut silaturahmi atau ukhuwah dalam bingkai kebhinekaan adalah satu hal yang amat penting bagi bangsa kita. Momen perayaan idul fitri menjadi saat yang sangat tepat untuk bersama-sama memaknainya. Dengan semangat ukhuwah, umat Islam Indonesia tidak hanya menjaga persaudaraan dengan sesama muslim tetapi bertanggung jawab menjaga persatuan dan kebhinekaan Indonesia.

“Sebagai umat yang percaya dan beriman, kita meyakini bahwa nilai ukhuwah ini adalah perintah langsung dari Allah SWT. Kita membaca dan mendengarkan pesan tersebut. Dan selanjutnya kita taati karena kebenarannya. Dengan mentaatinya maka perilaku kita niscaya juga akan senantiasa merujuk pada nilai-nilai persatuan dan persaudaraan antar sesama Muslim dan dengan seluruh umat manusia yang berbeda keyakinan. Kita pahami perbedaan yang menyusun bangsa Indonesia ini adalah juga merupakan karunia Allah SWT yang karenanya wajib kita jaga Bersama,” ujar Prof. Semiarto.